Home / Peristiwa / FPK Publik Sampaikan Spadan Sungai Ciloseh Sudah Diatur di Peta Rencana Pola Ruang Kota Tasikmalaya
IMG-20231110-WA0061

FPK Publik Sampaikan Spadan Sungai Ciloseh Sudah Diatur di Peta Rencana Pola Ruang Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com – Ketua Forum Pemerhati Kebijakan Publik (FPK-P) Ais Rais menyampaikan Sungai Ciloseh merupakan sungai kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy dan memiliki kedalaman lebih dari 3 meter.

Hal tersebut, Berdasarkan Peta Rencana Pola Ruang Kota Tasikmalaya Tahun 2011-2031. Sungai Ciloseh pada lokasi yang dimaksud terletak dalam kawasan lahan pribadi yang ditetapkan peruntukannya untuk runag terbuka hijau (RTH) oleh pemerintah kota Tasik

Hal ini disampaikan Ketua FPK Publik menanggapi Stetment yang disampaikan Kepala Bidang Tata Ruang dan Pertanahan Rizky Komalasari ST, MM., pada Dinas PUPR Kota Tasikmalaya.

Yang menyampaikan di Lokasi RTH yang berada di Kelurahan Sukaasih ada sungai Ciloseh dan untuk Spadan sungainya harus melakukan koordinasi kepada BBWS.

“Jarak garis sempadan sungai di dalam kawasan perkotaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 dan Pasal 7 pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28/PRT/M/2015
Tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai Dan Garis Sempadan Danau.

BACA JUGA   Kelurahan Tugujaya Kebanjiran Sampai Masuk Aula

yaitu Untuk sungai tidak bertanggul ditentukan paling sedikit berjarak 10 (sepuluh) meter dari tepi kiri dan kanan palung sungai sepanjang alur sungai, dalam hal kedalaman sungai kurang dari atau sama dengan 3 (tiga) meter,”kata Ais Rais, kamis (09/11/2023)

“30 (tiga puluh) meter dari tepi kiri dan kanan palung sungai sepanjang alur sungai, dalam hal kedalaman sungai lebih dari 20 (dua puluh) meter, 15 (lima belas) meter dari tepi kiri dan kanan palung sungai sepanjang alur sungai, dalam hal kedalaman sungai lebih dari 3 (tiga) meter sampai dengan 20 (dua puluh) meter,”ucapnya

Adapun, Untuk sungai bertanggul ditentukan paling sedikit berjarak 3 (tiga) meter dari tepi luar kaki tanggul sepanjang alur sungai. Pungkasnya (***)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *