Home / Pendidikan / Mahasiswa Hukum INU Tasikmalaya Kunjungi Kampung Naga
IMG-20231217-WA0006

Mahasiswa Hukum INU Tasikmalaya Kunjungi Kampung Naga

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com -Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan senantiasa menjadi istilah Pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan pengembangan, Pengabdian kepada masyarakat, yang menjiwai perjalanan akademisi seorang Mahasiswa.

Mahasiswa Institut Nahdlatul Ulama Tasikmalaya, Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) semester III B melaksanakan observasi ke Kampung Adat Naga, Neglasari, Kabupaten Tasikmalaya.

Maksud kedatangan para mahasiswa ini, bukan hanya untuk menuntaskan tugas yang diberikan dosen mata kuliah Administrasi Perkawinan II, selaku Mahasiswa, melaksanakan penelitian bagimana administrasi perkawinan yang ada di Kampung adat ini.

Seperti yang disampaikan Mega Kharisma perwakilan mahasiswa HKI III B kepada tasikzone.com disela penelitian. Sabtu (16/12/2023)

“Setelah observasi ke Kantor Urusan Agama kemarin, pada kesempatan kali ini kami melaksanakan penelitian ke Kampung Adat Naga terkait bagaimana Administrasi Perkawinan yang ada disini ? Apakah ada perbedaan dengan masyarakat luar ? Yang mana, ini merupakan tugas untuk Ujian Akhir Semester yang diberikan oleh dosen kita,”kata Mega Kharisma.

BACA JUGA   STAINU Ikuti Temu Nasional BEM Nusantara Di Yogyakarta

Mega juga mengaku ada kebanggaan tersendiri atas kunjungannya kali ini, bahwasanya masih ada kearifan lokal yang tetap dipertahankan dan dilestarikan pada Era Digitalisme ini.

Sementara itu, Mumuh Muhlis menambahkan kegiatan ini juga untuk mensinkronkan keilmuan secara teoritis yang didapat di kelas dengan keadaan yang ada dilapangan, supaya para mahasiswa bisa lebih berfikir bagaimana cara mengimplementasikan terhadap Ilmu-ilmu yang di dapat.

Para mahasiswa juga sangat menyayangkan akan adanya “Oknum” YouTubers yang semena-mena mempublikasikan area-area yang dilarang/dikeramatkan oleh masyarakat setempat, sehingga mahasiswa tidak bisa leluasa dalam mendokumentasikan observasi Kampung Adat Naga kali ini. (Den A)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *