Home / Politik & Hukum / Polres Tasikmalaya Maksimalkan Pelayanan SKCK
IMG-20231227-WA0033

Polres Tasikmalaya Maksimalkan Pelayanan SKCK

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com –
Menjelang Akhir tahun 2023, pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Tasikmalaya, Jawa Barat membludak.

Saking membeludak, pemohon langsung berlarian usai pintu gerbang Polres dibuka petugas. Mereka berharap mendapat antrian lebih depan agar bisa selesai cepat.

Seperti, yang dialami Nur salah satu pemohon SKCK, dirinya sengaja datang pagi ke Polres Tasikmalaya.

“Saya datang pagi sengaja agar kebagian awal. Alhamdulillah didepan. Habis libur panjang juga jadi maklum banyak begini,” kata Nur, pemohon SKCK, Rabu (27/12/23).

Cuaca terik tidak menyurutkan niat warga mendapatkan SKCK, sebagian besar warga tidak kebagian kursi duduk. Pemohon terpaksa menulis di lantai serta tangga dengan papan tulis yang disediakan petugas.

“Tidak kebagian kursi, jadinya duduk di lantai, gak apa-apa asal masih bisa nulis. Ternyata penuh juga yah,” kata Wawan, pemohon lain.

Diketahui, pemohon membutuhkan SKCK untuk berbagai keperluan. Mulai mencari pekerjaan serta syarat lanjutan kelulusan penerimaan CPNS dan PPPK (pegawai pemerintah perjanjian kerja).

BACA JUGA   Dr Iwan Saputra Sebut Sudah Dapatkan Restu Dari Ketua DPP Partai Golkar

“Saya buat SKCK buat persyaratan masuk PPPK, alhamdulillah kemarin testingnya sudah lolos,” kata Nia.

Meski membludak, Kepolisian Resort Rasikmalaya pastikan pelayanan SKCK tetap berjalan. Catatan sebanyak 1.600 pemohon  datang mengurus SKCK hari pertama masuk kerja pasca libur natal.

“Karena habis libur maka banyak warga yang baru bikin sekarang, ada informasi sampai 1.600 pemohon,” kata Kompol Shohet, Waka Polres Tasikmalaya.

Proses pembuatan skck yang disederhanakan membuat pelayanan tidak terlalu lama. Salah satunya dengan nomor antrian dan memaksimalkan anggota yang bertugas di bagian pelayanan SKCK.

Sementara, Kapolres Tasikmalaya, AKBP Bayu Catur Prabowo, menyampaikan permohonan maaf atas pelayanan SKCK yang penuh. Kepolisian langsung melakukan antisipasi dengan memberikan nomor antrian hingga membuatkan tenda berteduh.

“Kami sampaikan permohonan maaf karena membludak pelayan SKCK karena memang mendadak. Kami akan perbaiki pelayanannya kita sediakan antrian buat besok dan tenda juga,” kata AKBP Bayu Catur Prabowo. (***)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *