Home / Pendidikan / Pentingnya Ideologi Pancasila, Memahaminya Tidak Akan Terjadi Bullying
IMG_20240128_140409

Pentingnya Ideologi Pancasila, Memahaminya Tidak Akan Terjadi Bullying

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com – Badan Kesatuan Bangsa Kota Tasikmalaya mengadakan Sosialisasi Memperkuat Makna Pancasila sebagai Ideologi Pancasila, minggu (28/01/2024)

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa, Ajat Sudrajat S.Sos.,M.H Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Tasikmalaya menyampaikan Dengan kegiatan Sosialisasi ini Pancasila dapat terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kenapa kita harus berbicara masalah Pancasila dalam kehidupan sehari-hari karena di Pancasila yang pertama adalah ada Ketuhanan yang kedua di Pancasila itu ada kemanusiaan ada keadilan ada etika dan ada musyawarah,” ucapnya

Lanjutnya, sebetulnya ini kalau diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari maka Masyarakat akan taat terhadap Tuhannya akan lahir humanisme dan akan beretika beradab.

“apalagi pada hari ini kita akan menghadapi pesta demokrasi ke demokrasi pancasila ini harus diterapkan kita berketuhanan kita beretika diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

sehingga, kita tidak ada yang namanya perpecahan tetap kita bersama-sama karena Pancasila ada persatuan persatuan.

BACA JUGA   Mr Yon Siapkan Siswa Satas Menjadi Generasi Cemerlang

“Nah itu di implementasikan Republik Indonesia persatuan dan kesatuan kalau sudah terwujud dari satu kesatuan maka terjadilah yang namanya stabilitas daerah,” bebernya

Menyinggung pemahaman Gen Z terhadap pemahaman Pancasila, Lanjutnya kalau Secara teoritis bisa saja tetapi secara implementasi bisa dikatakan mereka lemah.

“Kenapa hari ini terjadinya degradasi moral itu adalah bagian dari pada lemahnya implementasi Pancasila, sila yang kedua kemanusiaan yang adil dan beradab kalau kita berbicara manusia berbicara bagaimana kita menghormati manusia bagaimana menyayangi manusia bagaimana melindungi manusia,”ucapnya.

“kalau kita sudah berbicara adat bagaimana kita menghormati kepada yang lebih tua menyayangi kepada yang lebih kecil tidak akan yang namanya terjadi bully kalau sudah kita mengimplementasikan Pancasila karena di sanalah ada yang namanya etika atau adab,” ucapnya (***)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *