Home / Organisasi / Poskab Sapu Jagat Priangan Timur Adakan Halal Bihalal
IMG_20220520_225207

Poskab Sapu Jagat Priangan Timur Adakan Halal Bihalal

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com – Yayasan Pendidikan Persatuan Olahraga Silat dan Kebathinan (Poskab) Sapu Jagat Priangan Timur mengadakan Halal bihalal dan Silaturahmi di Komplek Nurul Huda Cikawung Kelurahan Awipari, Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya. jumat Malam (20/05/2022)

Guru Sapu Jagat Priangan Timur, Ustad. Enjang Abdul Matin menyampaikan awal berdirinya perguruan kebatinan tersebut pada tahun 1993, dirinya berguru kepada sapu jagat pusat di Sukabumi yang didirikan oleh KH. Muhammad Anwarnulloh.

“Saya terus berguru dari tahun itu, Alhamdulillah. Dan berkembang sampai sekarang, terus mulai dari tahun 1998 bukanya disini. Lalu menyebar ke berbagai cabang di tiap-tiap daerah”terangnya seraya ditemani mantan Sekmat Cibeureum, H. Agus Jamaludin, Jum’at (20/5/2022) malam.

Adapun Tujuan didirikan Yayasan Pendidikan Persatuan Olahraga Silat dan Kebathinan (Poskab) Sapu Jagat
Yang pertama untuk membina umat dengan mempertebal imannya kepada alloh, berbudi luhur, patriotis, mentaati kewajibanya dan menghindari hala-hal yang dipandang buruk.

Kedua, dengan meningkatkan pemahaman dan penghayatan ajaran islam, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada alloh akan menjadikan anggota sebagia insan pembangunan yang beriman dan bertaqwakepada alloh swt.

BACA JUGA   Diusia 31 Brigez Indonesia Berkarya Untuk Masyarakat Dan Negara

Ketiga, turut mewujudkan masyarakat yang aman damai, adil dan makmur yang diridloi alloh dalam negara kesatuan republik indonesia berdasarkan pancasila dan undang-undang 1945.

Ke empat, bersama pemerintah turut secara aktif mencerdaskan kehidupan bangsa, serta meningkatkan kuwalitas sumber daya manusia dan mendukung terlaksananya dengan baik trilogi pembangunan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan nasional

“Sampai saat ini, sapu jagat memiliki ribuan anggota yang tersebar di berbagai daerah priangan Timur pusatnya disini di Tasikmalaya,”katanya.

Lanjutnya, Silaturahmi dan Halal Bi Halal juga merupakan momentum tahunan yang biasa di selenggarakan.

“Iya, jadi ini silaturahmi tahunan, dari berbagai perguruan, berbagai LSM pada kumpul semuanya,”ucapnya.

Kedepan Diharapkan, sapu jagat bisa lebih eksis dan bersatu. Hal itu untuk menjaga citra baik perguruan sapu jagat di lingkungan masyarakat.

“Juga termasuk anggotanya, dapat bermahabah dan ta’dzim kepada guru. Menjaga atas nama keluarga sapu jagat, nama baik harus dijaga”pungkasnya. (***)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *