Home / Sosial & Budaya / Situs Purbakala Lingga Yoni akan Ditata Pemkot Tasik
Situs Purbakala Lingga Yoni akan Ditata Pemkot Tasik

Situs Purbakala Lingga Yoni akan Ditata Pemkot Tasik

Kota Tasikmalaya,tasikzone.com-Situs lingga Yoni bisa dikatakan sebagai satu-satunya situs purbakala peninggalan zaman dahulu yang berada di Kota Tasikmalaya. Secara administrasi, lokasi ini ada di Blok Wangkelan Kampung Kabuyutan , Kelurahan Sukamaju Kidul, Kecamatan Indihiang. Hanya berjarak sekitar 8 km dari pusat Kota Tasikmalaya, lokasinya dekat dengan jalan raya, jadi mudah dijangkau.

Disporabudpar Kota Tasikmalaya didampingi Muspika Kecamatan Indihiang melakukan peninjauan lokasi Lingga Yoni sebelum dilakukan penataan.

Kepala Disporabudpar Hadian mengatakan sesuai dengan UU no 5 tahun 2017 tentang pemajuan tentang kebudayaan dimana pemerintah berkewajiban untuk memelihara artefak yang berada di wilayah kota/kabupaten,

“Dalam hal ini Pemerintah Kota Tasikmalaya berupaya untuk melestarikan dan menjaga nilai-nilai budaya salah satunya berupa artefak dari nenek moyang kita yang salah satunya lingga yoni” ungkapnya kepada tasikzone.com disela-sela peninjauan, (15/2/2019).

Sambung Hadian, pihaknya sedang melakukan penataan parkir dan membuat akses jalan, serta penguasaan tanah karena sekeliling dari lokasi lingga yoni ini dimiliki oleh masyarakat.

“Dan setelah kumpul data-datanya kami akan melakukan musyawarah dengan pemilik lahan dan unsur muspika” jelasnya.

Pihaknya berharap nantinya setelah dilakukan penataan bisa dijadikan destinasi Wisata Artefak.(ibye)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *