Home / Lomba Artikel 2017 / Menciptakan Sekolah Yang Sehat
Salah satu sekolah sehat yang berlokasi di kota Tasikmalaya yaitu SMAN 1 Tasikmalaya

Menciptakan Sekolah Yang Sehat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Sekolah merupakan bangunan untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran, sedangkan sehat merupakan baik seluruh bagiannya, jadi sekolah sehat adalah bangunan untuk belajar yang bagian-bagian didalamnya baik. Menciptakan sekolah sehat berarti menciptakan segala aspek yang berada di dalam sekolah menjadi baik dan sehat, baik lingkungan maupun warga sekolah. Sekolah sehat sendiri bisa diartikan sebagai sekolah yang dimana lingkungan dan warga sekolah tersebut mengedepankan aspek kesehatan agar para siswa pun bisa mendapatkan ilmu dan didikan dengan maksimal dan sekolah tersebut bisa dikatakan sebagai sekolah yang ideal dan menjadi dambaan pembaga pendidikan saat ini.
Dalam menjadikan sekolah yang sehat harus terdapat upaya-upaya agar sekolah itu menjadi sekolah yang sehat. Sekolah sehat harus bersih, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejah¬teraan lahir dan batin setiap warga sekolah. Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan agar sekolah menjadi sekolah yang sehat :

1. Lingkungan
Memiliki lingkungkan sekolah yang bersih, indah dan rindang (terdapat banyak pepohonan) agar warga sekolah nyaman berada di dalam sekolah. Dan juga dilarang merokok di lingkungan sekolah karena tidak etis dan dapat membahayakan warga sekolah yang lain. Lalu tingkat kebisingan yang tidak terlalu tinggi agar konsentrasi belajar tidak terganggu.

2. Tempat sampah
Memiliki tempat pembuangan yang ada disetiap sudut agar lebih mudah untuk membuang sampah kepada tempatnya. Setelah itu tempat sampah harus dibagi menjadi tempat sampah organik dan anorganik untuk memudahkan saat akan didaur ulang.

3. Toilet
Memiliki toilet dan kamar mandi yang bersih dengan rasio 1:40 untuk siswa laki-laki dan 1:25 untuk siswa perempuan. Dan tentunya tersedia air bersih.

4. Keadaan kelas
Memiliki kelas yang tentunya dalam keadaan bersih, tingkat kepadatan ruang kelas minimal 1,75 m2/anak untuk ruang gerak yang cukup bagi siswa, lalu dengan ventilasi dan pencahayaan kelas yang cukup. Lalu benda-benda seperti papan tulis, proyektor, meja, kursi, struktur kelas dan yang lainnya harus tersedia. Dan untuk memenuhi kebutuhan air siswa, selain siswa dapat membawa minumannya masing-masing, bisa juga dengan diadakannya dispenser beserta air yang disediakan untuk siswa ataupun guru.

5. Lapangan olahraga
Salah satu upaya untuk menjadi sehat adalah dengan cara berolahraga. Di tiap sekolah pasti ada mata pelajaran olahraga, tetapi mata pelajaran tersebut harus diiringi dengan lapangan olahraga yang baik.

6. Kantin
Kantin sekolah harus memenuhi syarat kesehatan, bersih dan juga makanannya harus sehat dan bergizi seimbang yang tentunya harus jauh dari sumber penyakit.

7. Sarana dan prasarana
Sekolah harus memiliki sarana dan prasarana yang baik agar kegiatan belajar pun lebih optimal.

8. UKS
Setiap sekolah pastinya memiliki UKS, tetapi UKS tersebut juga harus memenuhi hal-hal agar UKS tersebut dapat di bilang layak. Selain dari adanya anggota PMR yang berkecimpung, UKS yang layak juga harus tersedia tempat tidur, timbangan berat badan, alat ukur tinggi badan, snellen chart, kotak P3K yang berisi obat lengkap, lemari obat, buku rujukan, KMS, poster, struktur organisasi, jadwal piket, tempat cuci tangan, data angka kesakitan siswa, peralatan perawatan, dan yang lainnya.

9. Warga sekolah
Warga sekolah harus disiplin dan menaati setiap peraturan yang berlaku agar lingkungan sekolah pun menjadi semakin nyaman.

10. Pelajaran
Fungsi sekolah adalah agar siswa dapat belajar dan dididik, tetapi jika belajar terlalu berlebihan dapat juga menimbulkan stres bagi siswa. Contohnya yang dapat menjadikan siswa stres adalah ulangan dengan materi sulit, tugas yang menumpuk dan juga guru yang pemarah atau biasa disebut dengan guru killer dan juga kurikulum yang menyusahkan para siswa karena berstandar tinggi. Apalagi jiga ada pekerjaan rumah yang sangat banyak dan juga materi yang sangat banyak dan harus dihafal menyebabkan siswa kurang tidur dan dapat menurunkan kesehatan siswa itu sendiri.
Jadi, untuk menciptakan sekolah sehat dibutuhkan aspek-aspek di dalam sekolah yang sehat dan memenuhi standar pula yaitu dimulai dari lingkungan, tempat pembuangan, toilet, kelas, lapangan, kantin, UKS, warga sekolah dan pelajaran. Hal-hal tersebut adalah hal utama yang harus sekolah upayakan untuk menjadi lebih baik agar layak disebut menjadi sekolah sehat, dan masih banyak lagi aspek-aspek yang harus dimiliki selain hal-hal tersebut.

Penulis : Muhammad Adam Eldawan SMAN 1 Tasikmalaya

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *