Home / Inspiratif / Edukasi dan Optimalisasi Peran Generasi Milenial Dalam Upaya Mencegah Penyebaran Covid 2020
PhotoGrid_1609424163370

Edukasi dan Optimalisasi Peran Generasi Milenial Dalam Upaya Mencegah Penyebaran Covid 2020

Tasikzone.com-Pandemi Covid-19 merupakan masalah yang saat ini menjadi perhatian besar dari seluruh negara di dunia tak terkecuali Indonesia. Pertama kali kasus ini muncul di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu dan terus mengalami penambahan jumlah kasus positif di setiap harinya.

Menurut data terakhir per-tanggal 29 Desember 2020 mencapai angka 727.122 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.Dampak dari adanya pandemi Covid-19 ini yakni menghambat sektor ekonomi dan sosial masyarakat yang ada di Indonesia.Dengan ini Sekolah Tinggi Universitas 17 Agustus 1945 surabaya mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pelaksanaan kegiatan ini wajib dilakukan mahasiswa demi menyempurnakan perkuliahan di semester 7. Kuliah Kerja Nyata merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terbentuk di dalam salah satu Tridharma Perguruan Tinggi dengan melibatkan sejumlah mahasiswa, pengajar serta masyarakat sasaran.

Kuliah Kerja Nyata pada umumnya dilakukan oleh sekelompok mahasiswa, namun dikarenakan Indonesia sedang mengalami Pandemi Virus Covid-19, maka aturan dari pihak kampus yang sebelumnya kegiatan KKN dilakukan secara berkelompok dirubah menjadi kegiatan KKN yang dilakukan secara individu/perorangan agar mengurangi penyebaran virus Covid-19 yang semakin
merebak.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan di Desa Basanah , Kecamatan Tanah Merah , Kota Bangkalan pada hari sabtu, 21 November 2020 dalam jangka waktu 6 jam yaitu dimulai pukul 16.00 s/d 22.00 WIB. Metode pelaksanaan kegiatan KKN ini dilakukan secara tatap muka dan tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah.

Proses berlangsungnya kegiatan KKN ini diikuti oleh kurang lebih 10 warga Desa Basanah.Judul Kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang telah saya laksanakan yaitu “ Edukasi Dan Optimalisasi Peran Generasi Milenial Dalam Upaya Mencegah Penyebaran Covid 2020 di desa Basanah Kecamatan Tanah Merah Kota Bangkalan “. Kegiatan ini telah disetujui dan dibimbing langsung oleh ibu Maulida Narastri.

Program kegiatan yang telah saya lakukan yaitu edukasi dan Optimalisasi peran Generasi Milenial Dalam Upaya Mencegah Penyebaran Covid 2020 antara lain yaitu mengenai pentingnya hidup bersih dan sehat, makan makanan yang bergizi, penggunaan masker jika akan keluar rumah, jaga jarak (social distancing), serta pentingnya cuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir yang diterapkan kepada warga Desa Basanah.

“Dengan di berlangsungkannya kegiatan mengenai upaya pencegahan Covid 2020 saya selaku Kepala Desa , Desa basanah , mengucapkan terimakasih atas edukasi serta Optimalisasi Peran Generasi Milenial yang telah dilakukan oleh mahasiswa Untag Surabaya . Semoga materi yang telah disampaikan dapat berguna bagi warga agar selalu menjaga diri dari bahaya virus Covid 2020” Ujar Bapak Ra’i Kepala Desa Desa basanah .

Dari adanya kegiatan KKN ini saya berharap warga Desa Basanah agar Tidak Meremehkan Virus Covid 2020, selalu menjaga hidup Bersih dan sehat, menerapkan jaga jarak (social distancing),rajin mencuci tangan dan yang terpenting adalah selalu menggunakan masker setiap keluar rumah demi menjaga diri dari virus Covid-19.

#KitaUntagSurabaya
#UntukIndonesia
#EcoKampus
#Kampuskompeten

Kiriman dari : Mujibur Rahman Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!