Home / Wisata / ADWI Program Kemenparekraf Bangkitan Ekonomi Desa Untuk Indonesia
PicsArt_04-06-11.17.05

ADWI Program Kemenparekraf Bangkitan Ekonomi Desa Untuk Indonesia

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf/Baparekraf) Sandiaga Uno
Mengunjungi Desa Taraju Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat.

desa Taraju masuk 75 besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 berdasarkan hasil Desk Assesment terhadap total 4.573 Desa Wisata yang telah terdaftar dan melengkapi datanya melalui platform JADESTA

Kedatangan Mas Mentri Sandiaga Uno ini juga untuk mendorong dan mendukung pengembangan potensi desa wisata Taraju menjadi destinasi wisata yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk ketiga kalinya dengan mengangkat tema “Kebangkitan Ekonomi Dari Desa untuk Indonesia Bangkit”.

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

“Kobaran semangat ini masih terus kami lanjutkan. Untuk menggaungkan Indonesia lebih mendunia melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Membuka ruang untuk berkarya, memastikan 4,4 juta lapangan kerja tercipta, dan kami masih terus percaya bangkitnya ekonomi dimulai dari
desa.” Kutip pernyataan penuh semangat mas Menteri, Sandiaga Uno.

Inilah momentum kebangkitan pariwisata, di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.
Tujuan program ini agar menjadi daya bangkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

BACA JUGA   Pesona Alam Kawah Putih Ciwidey Yang Menakjubkan

serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru selanjutnya di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa. Kebangkitan ekonomi dari desa-desa untuk membangun Indonesia.

Selain itu dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang
dikembangkan oleh Kemenparekraf.

setelah sukses di tahun 2021 dengan 1831 peserta, meningkat tajam di 2022 dengan 3419 desa wisata. Kini di 2023, Anugerah Desa Wisata Indonesia dengan semangat kolaborasi dan bersinergi meningkat tajam hingga peserta menyentuh angka 4573 desa wisata yang ada di seluruh Indonesia dari target yang mas Menteri canangkan 4.000 desa wisata. Antusiasme ribuan desa wisata tersebut diharapkan mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia kedepannya.

Tentunya sinergi diperlukan, oleh karena itu Kemenparekraf Melibatkan Mitra Strategis Untuk Berkolaborasi Dalam Pengembangan Desa Wisata Khususnya Desa Wisata Yang Masuk Ke Dalam 75 Desa Wisata Terbaik Desa Wisata Indonesia Bangkit, Yaitu Astra, Bca, Pln, Bni Dan Grab Dll. Dengan Kolaborasi Dan Sinergi Demi Kemajuan Pariwisata Negeri Yang Mendunia.

Adapun kategori penilaian ADWI tahun 2023 meliputi sebagai berikut:
1. Daya Tarik Pengunjung (Alam dan Buatan serta Seni dan Budaya)
2. Homestay & Toilet
3. Suvenir (Kuliner, Fesyen dan Kriya)
4. Digital dan Kreatif
5. CHSE &. Kelembagaan Desa.

Kategori penilaian yang diusung diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan serta berstandar internasional. (***)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *