Home / Ragam / Reccomended, Spot Pemandangan Alam. Bukit Nangela Kota Tasikmalaya
IMG-20210303-WA0003-01

Reccomended, Spot Pemandangan Alam. Bukit Nangela Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com-Reccomended, salah satu tujuan destinasi wisata dikenal dengan nama “Bukit Nangela” berlokasi di kota Tasikmalaya. Lokasi nya di perbatasan Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Gn. Putri, Anaka Kelurahan Urug Kota Tasikmalaya.

Dalam Kesempatan itu,Hery Solihuddin, S.Pd Ketua Karang Taruna Kota Tasikmalaya memaparkan, Bukit Nangela merupakan Destinasi wisata teranyar yang mengusung konsep budaya Sunda, dan bukit ini merupakan 100% swadaya dari masyarakat sekitar Anaka kelurahan Urug kota Tasikmalaya.

“Bukit Nangela merupakan bukit lahan pribadi dan bukan pemerintah, memiliki view lahan perkebunan indah, juga udara yang sejuk serta alami, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata bagi siapa saja. ” ungkapnya kepada tasikzone.com.

Lanjutnya, Bukit yang dikemas bernuansa alam dengan berbagai kedai di sepanjangnya telah tersedia untuk menemani para pelancong wisata bersantai ria bersama teman, sanak saudara atau keluarga.

“Selain keunggulan bukitnya, ternyata di wilayah tersebut tersimpan surga tersembunyi, yakni adanya 5 curug alami terletak di bawah bukit dan curug tersebut merupakan curug yang terbilang masih jarang terjamah oleh para pelancong wisata” tuturnya.

Dirinyapun menerangkan bahwa awal mula penggagas dari bukit wisata ini ialah pemuda-pemudi yang memiliki pemikiran pengembangan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang berada di sekitar lingkungannya (Anaka).

“Sehingga diharapkan planning kedepannya kelak akan terintegrasi dengan kebudayaan kita yakni budaya sunda, guna dapat melestarikan kebudayaan sunda atau bisa dibilang “ngamumule” budaya Sunda, caranya dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti Liga kaleci, Turnamen Layang-layang, Gobag- Sodor dll, yang merupakan ciri khas kaulinan sunda jaman buhun” terangnya.

Sangat dikejutkan, untuk liga kaleci sendiri peminatnya justru banyak datang dari warga luar daerah seperti; Bogor, Banjar, Bandung, Sumedang, Sukabumi, Garut, Panjalu, dll.

Ini bisa dibilang sebagai salah satu solusi untuk melestarikan dan mengenalkan budaya, serta diharapkan dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan tersebut, Bukit Nangela ini akan menjadi tempat rujukan budaya di kota Tasikmalaya.

Selain berbagai kegiatan tersebut, planning kedepannya Bukit Nangela juga akan mengadakan kegiatan seperti kegiatan edukasi “Pesantren ALam” dan juga Family Camp, yang diluar dugaan ternyata banyak peminatnya. Namun disayangkan dikarenakan pandemi, dua kegiatan tersebut belum dapat dilaksanakan.

Hery pun selaku motivator berharap mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi pemuda pemudi di kota Tasikmalaya secara umum. Inilah salah satu percontohan tanpa adanya anggaran dari pemerintah atau dari pihak manapun.

“toh ketika kita mau berbuat dan mau berkarya pasti ada hal yang bisa kita dapatkan. Berbuatlah ketika ada ide/ gagasan, gunakanlah potensi yang ada dalam diri kita, dalam lingkungan kita, sehingga hal tersebut dapat menjadi kekuatan terbesar untuk kita kedepannya” pungkasnya.

kiriman dari : Tria Dastiana

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!