Home / Ragam / Pesona Wisata Alam Citiis Di Desa Padakembang
Wisata Alam Citiis Padakembang Tasikmalaya

Pesona Wisata Alam Citiis Di Desa Padakembang

Kab. Tasikmalaya, tasikzone.com – Berbagai pesona wisata alam Kampung Citiis yang tersembunyi di ceruk lembah Gunung Galunggung yang dikelilingi rimbun pepohonan sehingga menyediakan udara yang sejuk dengan pemandangan yang amat mengesankan. Salah satu nya adalah kolam pemandian air panas yang bertempat di Kampung Citiis RT 004 RW 006 Kedusunan Kedung Desa Padakembang Kec. Padakembang.

Kolam pemandian tersebut bisa dicapai melalui Jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga). Saat masuk jalan baru tersebut, pengunjung tinggal mengarahkan kendaraannya ke Singaparna. Tepat di wilayah Padakembang, kendaraan tinggal berbelok ke arah Galunggung.

Nurdin selaku Ketua Pengelola menuturkan, kolam pemandian air panas tersebut mulai dibangun pada tahun 2015 dengan pekerja lebih dari 50 orang. Dengan luas tanah 1 hektar itu mampu menarik wisatawan perhari hingga lebih 250 orang perhari dihari libur. Untuk tiket masuk nya pun sangat terjangkau, yaitu Rp 5000,-/orang dan itu juga sudah termasuk asuransi.

“Untuk wisatawan yang datang dihari-hari biasa 50 orang, dihari libur seperti hari minggu itu 250 orang. Dan kalau dihari libur panjang 1500 orang perhari” kata Nurdin di kawasan pemandian tersebut, Selasa (01/02/2022).

Selain kolam pemandian air panas, kampung citiis juga menyajikan pesona ke indahan alam yang lain serta wisata religi nya. Seperti Curug Citiis, Curug Cikunir, Curug Cikunir Dinding Ari, Curug Dua Suhu (panas dan dingin), Leuwi Keueung, Curug Dinding Payung, Gapura Cikunir dan Tambleug Meuneng (wisata religi) serta daya jual yang masih tergolong tradisional pun disuguhkan di tempat tersebut.

BACA JUGA   EIGER Zero Waste Mountain Jadi Solusi Selamatkan Gunung di Indonesia

“Disini kolam pemandian air panas nya ada 2 kolam dan curug citiis. Nah kalau yang ke atas itu pengelola nya beda lagi. Itu dikelola pribadi sama warga disini dan perhutani. Kan diatas itu ada lokasi tempat ziarah yang dinamakan Tambleug Meuneng itu” Tambahnya

Disisi lain, Kepala Dusun (Kadus) Hamid Rukmana mengatakan untuk kedepan wisata tersebut rencana nya akan ditambah luas nya menjadi 5 hektar dan juga bakal ada tempat penginapan. Sehingga daya tarik wisatawan yang berkunjung akan terus bertambah.

“Kedepan nya tempat wisata ini akan diperluas menjadi 5 hektar oleh pengelola dan bakal ada tempat penginapan nya. Selain mampu menarik wisatawan yang datang, diperluas nya lahan juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi warga yang kehilangan perkerjaan akibat pandemi covid19” Pungkasnya.(den)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *