Home / Ragam / Jabar Ngahiji Camper Van Indonesia Membawa Misi Perkenalkan Potensi Wisata Kawasan Geopark Galunggung
IMG-20210906-WA0016

Jabar Ngahiji Camper Van Indonesia Membawa Misi Perkenalkan Potensi Wisata Kawasan Geopark Galunggung

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com –
Jabar Ngahiji Camper Van Indonesia sukses menghadirkan Ratusan Mobil Kemping berkumpul di Blok Pasir Datar Galunggung.

Event yang dilaksanakan selama tiga hari 3-5 September 2021 menjadi Ajang silaturahmi antara pecinta Mobil Kemping Indonesia setelah sekian lama tak bisa beraktivitas karena pandemi.

“Alhamdulilah, setelah dibukanya kembali kawasan untuk wisata kita bisa melaksanakan Jabar Ngahiji dengan jumlah peserta sebanyak 156 dari berbagai kota, bahkan ada yang dari Palembang dan Bangka Belitung,”kata Ketua Panitia Setiadi yang akrab disapa Delon.

Lanjutnya, even ini memiliki misi untuk meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Jawa Barat salah satunya adalah kawasan Geopark Galunggung.

Jabar Ngahiji mendukung program pemerintah dalam konservasi lingkungan dengan mengadakan acara penanaman pohon, dimana Data tahun 2018 saja luas lahan kritis 51.079,97 Ha dipastikan akan berdampak terhadap munculnya bencana kekeringan, longsor serta punahnya beberapa spesies, seperti Burung Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) serta tumbuhan Kantong semar (Nepenthes) yang masih ada di kawasan Galunggung, yang disebabkan degradasi lahan yang kurang bijak dan tidak berpihak pada keseimbangan lingkungan alam.

“Jabar Ngahiji hadir disini dengan menggandeng para penggiat Lingkungan Republik Aer, para seniman dan Budayawan dari Komunitas Cermin, Komunitas Peduli Kota Tasikmalaya, dan Kantor Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI Jawa Barat. Diharapkan dengan adanya gerakan berbagai komunitas menjadikan media untuk bisa membantu program pemerintah di sektor Pariwisata, Lingkungan sehingga berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat,”bebernya.

Sementara itu Seorang camper asal Kota Kerawang Yudi Rahman menyampaikan kawasan gunung Galunggung memiliki potensi wisata alam yang luar biasa dengan ditunjang oleh seni budaya masyarakat yang masih terjaga.

“Pesona Galunggung sangat elok sekali, pasir datar Galunggung seperti layaknya Bromonya Van Java, apalagi banyak keunikan sajian seni Buhun sunda seperti kecapi suling, Lais dan debus asli Galunggung, pokoknya saya yakin wisatawan tak bakal bisa. datang ke Tasikmalaya,”tuturnya.

Hadir pada kegiatan even Jabar Ngahiji untuk memberikan apresiasi para pengurus DPP Camper Van Indonesia, Tokoh Otomotif Tasikmalaya Haji Iyan, didampingi Sekretaris Umum IMI Kota Tasikmalaya, Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya H Murjani, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV yang diwakili oleh Supomo Cipto sebagai Konsultan Dinas, Ketua Harian Geopark Galunggung H. Safari, Presiden Republik Aer Tasikmalaya Harniwan Obech, Ketua Komunitas Cermin Tasikmalaya Ashmansyah Timutiah, Ketua Musisi Peduli Tasikmalaya R Atik Suwardi dan Ketua Komunitas Super Adventure Amal A Safarulloh dan puluhan relawan dan pegiat lingkungan di Tasikmalaya.(rian)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!