Home / Uncategorized / Diskominfo Kabupaten Tasik, Konsen Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat
IMG-20190829-WA0000

Diskominfo Kabupaten Tasik, Konsen Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com-Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah suatu lembaga publik yang dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif, secara khusus berorentasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tasikmalaya bertindak sebagai fasilitator pembentukan KIM. Di Kabupaten Tasikmalaya KIM sudah terbentuk di Kecamatan Salawu dan Salopa, sedangkan ditempat lain masih proses pembentukan.

Masyarakat cukup mendapat SK dari Kepala Desa atau Kecamatan sebagai pendataan dan legalitas mereka nantinya.

Nia Kurniati, SH., M.Si selaku Kadis Kominfo Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan, terbentuknya KIM dapat mewujudkan masyarakat informasi yang sejahtera.

“Terwujudnya KIM yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera,” jelasnya

Lanjut Nia, Fungsi KIM juga sebagai Wahana Informasi, sebagai Mitra Dialog dengan pemerintah pusat, provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam merumuskan kebijakan publik.

Mara karisma, S.kom Kasi Pusat Layanan Informasi Diskominfo mengatakan, di Kabupaten Tasikmalaya KIM masih dalam tahap inisiasi pembentukan.

“Saat ini masih tahap inisiasi pembentukan kelompok-kelompok informasi masyarakat, selanjutnya kelompok-kelompok ini difasilitasi untuk membentuk Forum KIM,”katanya

“Harapannya KIM ini dapat berpartisipasi aktif dalam menyebarluaskan informasi Pemerintah ke masyarakat dan juga sebaliknya, dapat menjadi sumber informasi bagi Pemerintah,” pungkasnya (Rizky/Ade)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *