Home / Politik & Hukum / Ahmad Zacky Siradj Serap Aspirasi Di Sodonghilir
Ahmad Zacky Siradj Serap Aspirasi Di Sodonghilir

Ahmad Zacky Siradj Serap Aspirasi Di Sodonghilir

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com-Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Golkar Drs. KH. Ahmad Zacky Siradj Gelar Kegiatan Serap Aspirasi Masyarakat yang bertempat di kecamatan Aula Desa Cikalong Kecamatan Sodong hilir Kabupaten Tasikmalaya,(3/12/2018)

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua MUI kecamatan sodong hilir dan Desa Cikalong, perwakilan dari Koramil dan POLSEK Sdong hilir, juga beberapa Tokoh masyarakat dan tokoh agama cikalong kecamatan Sodong Hilir.

Kepala Desa Cikalong Dedi Herdiawan. Dalam sambutanya, dirinya menyambut baik kegiatan tersebut, ” saya menyambut kedatangan beliau, karna menurutnya kehadiran Ahmad Zacky sebagai anggota DPR RI bisa menjembatani komunikasi antara masyarakat di bawah dan pemerintah pusat” singkatnya.

Dalam paparannya Ahmad Zacky Siradj
Upaya dalam memaknai kelahiran Nabi Muhammad Saw (Maulud Nabi Saw) dalam konteks kebangsaan kita sangat relevan dengan tantangan kehidupan yang sedang dihadapi dewasa ini

“Paham kebangsaan kita yang sarat dengan nilai-nilai Islam penting untuk senantiasa kita segarkan dan aktualisasikan seiring dengan kehidupan yang terus berkembang dan berubah dengan begitu cepat. Terlebih dalam rangka pewarisan nilai-nilai luhur kepada generasi penerus di masa yang akan datang” jelasnya.

Sambung Ahmad Zacky Siradj,Paham kebangsaan yang tadi disebutkan begitu sarat dengan nilai-nilai keislaman, dapat dilihat dari rumusan Pembukaan UUD 1945 sebagai norma fundamental negara (staat fundamental norm).

“Kita ketahui bersama bahwa dalam Pembukaan UUD 1945 termuat pula di dalamnya Pancasila yang menjadi dasar negara. Pembukaan merupakan norma fundamental yang menjadi rujukan seluruh peraturan yang berada di bawahnya” tambahnya.

Lanjut Ahmad Zacky, masyarakat Indonesia telah ditakdirkan hidup dalam kebhinnekaan “Tanah air kita yang terdiri dari wilayah kepulauan, memungkinkan masyarakat bangsa kita untuk memiliki adat istiadat, bahasa, dan suku-suku bangsa yang begitu beraneka ragam. Dari kebhinnekaan ini kita mendapati khazanah kebangsaan kita yang begitu kaya dengan nilai-nilai kearifan lokal (local genius) pada masing-masing suku bangsa” ujarnya.

Ahmad Zacky pun menjelaskan Sebagai ilustrasi dari kearifan yang membangun khazanah budaya masyarakat , dari masyarakat Padang, “kita mengenal tentang petuah di mana bumi di pijak di situ langit dijunjung. Ini mengajarkan agar kita mampu beradapat tadi dan menghargai ada-istiadat yang berbeda. Begitu juga dengan kearifan dari masyarakat Sunda, “silih asah, silih asih, silih asuh, silih wangi. Kita hendaknya mampu untuk hidup saling mencerdaskan, saling menyangi, saling mendewasakan, dan saling mengharumkan.”pungkasnya.(ibye)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *