Home / Sosial & Budaya / Upaya Meningkatkan Kemandirian Ekonomi, Aksi Cepat Tanggap Launching Wakaf Ternak Produktif
Aksi Cepat Tanggap Luncurkan Program Wakaf Ternak Produktif

Upaya Meningkatkan Kemandirian Ekonomi, Aksi Cepat Tanggap Launching Wakaf Ternak Produktif

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com-Peluncuran Program Wakaf Ternak Produktif dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap Region Jawa Barat dan Global Wakaf, tema kegiatan tersebut adalah ‘dukung kemandirian Pesantren Wujudkan Kesejahteraan Negeri’ ,kegiatan ini dilaksanakan di di Pesantren Anharul Ulum Desa Sukajadi Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, sabtu (23/1/2021).

Dalam Kesempatan itu, Reno Kepala Regional Jabar Aksi Cepat Tanggap mengatakan wakaf ternak produktif ini salah satu upaya mewujudkan kedaulatan pangan bangsa melalui peran sosial keagamaan dan kemandirian pesantren.

“Insyalloh hari ini kita akan sampaikan ke publik. Melalui kegiatan hari ini salah satu program Wakaf Ekonomi Produktif melalui Wakaf Ternak Produktif kita akan Launching kan, Sehingga Wakaf Ternak Produktif ini bisa menjadi salah satu Upaya mewujudkan Kedaulatan pangan Bangsa melalui peran sosial keagamaan dan kemandirian pesantren” ungkapnya kepada awak media disela-sela launching yang didampingi Taufik Perdana Kepala Cabang ACT Tasikmalaya.

Sambung Reno, kondisi kebutuhan pangan masih banyak, bahkan berkurang disebabkan kebutuhan daging pun masih impor.

” Makanya kenapa melalui ternak Produktif ini kebutuhan pangan akan kita penuhi sehingga bangsa kita bisa berdaulat pangan.Kita libatkan pesantren sebagai Mitra kita sehingga harapanya antara ACT Global Wakaf bersama pesantren ini bisa saling kerjasama sehingga hewan wakaf ternak ini akan dikelola oleh pesantren yang nantinya pesantren ini bisa berdaya dan berpotensi kemandirian ekonomi melalui wakaf ternak ini”harapnya.

Lanjut Reno, dari sejarah Kemerdekaan bangsa sendiri bangsa indonesia tidak terlepas peran santri dan ulama dan ini pilar utama yang penting perlu kita suport. Dengan Swasembada daging ini akan memberikan kekuatan ekonomi dan tidak bergantung pada orang lain, sehingga memiliki penghasilan.

“Nantinya bisa memberikan pangan terbaik kepada para santri dan kita berharap lahirlah ulama yang bisa tampil Menjadi pemimpin umat bangsa ini” paparnya.

Kemudian, hewan yang akan diberikan hari ini ada 2.000 ekor hewan domba untuk 40 pesantren yang ada di Jawa Barat dengan masing masing satu pesantren akan menerima 50 ekor kambing.

“dan kita bagikan untuk priangan timur dulu secara bertahap, Pesantren yang menerima nantinya bisa memberdayakan pesantren disekelilingnya, hasil ternak nantinya akan dibagikan kepada pesantren yang belum berdaya di sekelilingnya” Tandasnya

Untuk kriteria Pesantren yang menerima Wakaf Produktif Ternak ini dipastikan bahwa memilki komitmen yang nantinya akan kita berikan bahwa ini titipan wakaf,l dengan memiliki lahan kandang lebih 50 ekor, Memiliki lahan untuk pakan misalkan lahan odot minimal 1 hektar, karena penting untuk hewan ini pakan dan tidak membeli keluar

“Selebihnya pengelolaan yang akan didampingi akan ada relawan satu orang akan mendampingi 5 pesantren” Pungkasnya

Sementara itu, KH Nonop hanafi Pimpinan Pondok Pesantren Anharul Ulum menyampaikan Dengan wakaf produktif ini kita akan melahirkan generasi intelektual yang hebat secara mental sehat dan ahlak baik, kecerdasan hebat dan fisik yang kuat.

“Semoga sahabat sahabat muslim yang lain siapapun kita yang ingin terlibat dalam Peradaban islam ini ACT Global Wakaf adalah solusi untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi umat” Tutur KH Nonop.

“Untuk itu saya mengajak yuk kita gabung dalam kafilah besar ini dalam Membangun peradaban islam didunia” tandasnya.(ibye)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!