Home / Ragam / Wisata Curug Ciparay & Curug Payung Desa Cidugaleun
Wisata Curug Ciparay dan Curug Payung Desa Cidugaleun

Wisata Curug Ciparay & Curug Payung Desa Cidugaleun

Kab. Tasikmalaya, tasikzone.com – Desa Cidugaleun merupakan salah satu desa yang terletak di Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya. Desa Cidugaleun ini merupakan desa yang mempunyai destinasi wisata yang sangat menakjubkan. Karena letak geografisnya berada di kaki Gunung Galunggung.

Sehingga Desa Cidugaleun ini memiliki pesona dan potensi yang sangat besar dari sumber daya alam yang menawan, lanscape pegunungan menawan dan menawarkan pesona air terjun, warga sekitar biasa menyebutnya Curug Ciparay, Jum’at (15/10/2021).

Kepala Desa Cidugaleun Ikeu Firmansyah mengatakan dengan adanya wisata di Desa Cidugaleun bisa mewujudkan perekonomian yang tangguh di bidang agribisnis dan pariwisata pedesaan dimana masyarakat desa menjadi pelaku langsung dari kegiatan ekonomi untuk mendapatkan penghasilan secara mandiri.

“Ya memang dengan memiliki potensi ini, merupakan salah satu langkah untuk mencapai misi Kabupaten Tasikmalaya untuk mewujudkan perekonomian yang tangguh di bidang agribisnis dan pariwisata pedesaan serta mampu menciptakan SDM yang unggul dan maju” Ungkapnya

Banyak nya destinasi wisata di Desa Cidugaleun patut dikunjungi oleh sejumlah masyarakat baik di daerah tersendiri ataupun di luar daerah. Karena selain Curug Ciparay, Desa Cidugaleun juga mempunyai Wisata Kopi. Udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan ke lokasi wisata ini menjadi daya tarik para wisatawan yang banyak berkunjung ke Kawasan Curug Ciparay.

BACA JUGA   Mengantarkan Kebahagiaan untuk Masyarakat Tasikmalaya di Hari Raya Idul Adha

Lanjut Ikeu, Wisata Kopi disini dimana wisatawan bisa mencoba bagaimana dari awal panen hingga menjadi bubuk kopi.

“Jika berkunjung saat musim panen, wisatawan juga bisa mencoba bagaimana proses dari awal panen menjadi bubuk kopi. Mulai dari memetik, memilih biji kopi yang bagus, menjemur hingga proses roasting” Lanjutnya

Selain Curug Ciparay dan Wisata Kopi, Desa Cidugaleun juga mempunyai satu lagi Wisata Curug, yaitu Curug Payung. Curug Payung ini berada di Kp Pasir Pari Desa Cidugaleun yang tidak jauh dari lokasi Curug Ciparay.

Curug Payung ini akan sama persis seperti Curug Ciparay, yang nanti nya akan ada perkebunan-perkebunan seperti kebun Kopi, cabe rawit dan kolam renang dll. Dimana akan ada edukasi dari pembina ke wisatawan untuk menjelaskan bagaimana proses awal mulai dari cara menanam, memilah hingga pemanfaatan dari hasil perkebunan tersebut.

“Memang nanti nya kami akan membuat Curug Payung ini sama persis dengan curug ciparay. Kami akan menjelaskan kepada wisatawan bagaimana proses nya hingga bagaimana pemanfaatan hasil dari perkebunan tersebut. Mungkin yang beda dari curug cipayung ini hanya ada kolam renang saja” Pungkasnya.(Den)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!