Home / Kiprah Pemerintah / Wira Usaha Baru, Gagal Atau Berhasil Belum Bisa Disimpulkan
IMG-20200109-WA0052

Wira Usaha Baru, Gagal Atau Berhasil Belum Bisa Disimpulkan

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com – H Murjani SE Anggota Komisi II/ Fraksi Gerindra menyampaikan program Wira Usaha Baru ini perlu dievaluasi secara menyeluruh, menurutnya dikatakan Gagal atau Berhasil belum bisa disimpulkan karena menurutnya progressnya belum terlihat karena Dinas/Intansi yang melaksanakan Program ini sedang menyiapkan Datanya.

“tiap OPD baru ada data capaian target Wira Usaha Baru, namun Dinas Terkait masih menyiapkan Data ada berapa yang memang benar menjadi Wira Usaha Baru” ucap Murjani, kepada wartawan Usai melakukan Rapat Bersama diruang Rapat Komisi DPRD Kota Tasikmalaya.

Lanjutnya menjelaskan Dinas Yang memiliki program WUB seperti Diskoperidnag dan UMKM memiliki target 400 WUB/Tahun namun yang dapat sertifikat selama Dua tahun baru 682 Orang. Adapun untuk Dinas Pertanian target Pertahun 300 WUB namun selama dua tahun baru 489 Orang.

sedangkan untuk Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Dua Tahun baru 158 WUB padahal targetnya dua tahun harusnya 200 WUB.

Dan Dinas Tenagakerja dan dinas Pendisikan targetnya 100 pertahun pencapaian targetnya 187 untuk Dinas Tenaga Kerja dan 195 untuk Dinas pendidikan.

“Jumlah total Wira Usaha Baru selama dua Tahun ini 1711 WUB yang sudah menerima sertifikat, namun kita belum memiliki data ribuan sertifikat ini ada berapa yang benar benar menjadi wirausaha baru. oleh karena itu kami belum bisa menyimpulkan apakah Program WUB ini Gagal atau Berhasil” bebernya

BACA JUGA   Kecamatan Sukarame Segera Miliki Kantor Representatif

Lanjut Murjani, sebenarnya hari ini komisi II ingin menghitung Cost And Benefitnya berapa dari total pengeluaran anggaran yang sudah dikeluarkan pemerintah sebesar Rp. 5,1 Miliyar untuk biaya pelatihan di lima dinas tadi

“kalau datanya sudah diberikan nanti akan kita ukur dan akan kelihatan apakah biaya ini bisa dipertanggung jawabkan ke rakyat dan bisa dilihat ada berapa yang sudah menjadi Wira Usaha Baru”tandasnya.

Lanjut Murjani, karena datanya masih dipersiapkan masing masing Dinas nanti akan ada rapat kerja bersama lanjutan. supaya komisi dua bisa menyimpulkan program ini gagal atau tidak.

“kalau program ini bagus kita akan dorong namun kalau gagal kita akan evaluasi. dab dari data yang ada ternyata memang Wira Usaha Baru ini diikuti oleh usaha lama sebanyak 60 persen dan sisanya peserta yang memang belum meniliki Usaha” pungkasnya.(rian)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *