Home / Kab. Tasikmalaya / Tim Program Inovasi Desa Zona 7 Ikuti Pelatihan
IMG-20190822-WA0063

Tim Program Inovasi Desa Zona 7 Ikuti Pelatihan

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com-
Tim Program Inovasi Desa (TPID) Zona 7 menggelar Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Program Inovasi Desa di Aula Rumah Makan Pananjung Kecamatan Jamanis, Kamis(22/8/2019)

Pelatihan ini digelar selama 2 hari dengan melibatkan Aparat Desa, Kader Pembangunan Masyarakat (KPM), Pendamping Desa. TPID zona 7 ini 5 Kecamatan diantaranya, Kecamatan Jamanis, Sukaresik, Ciawi, Pagerageung, Kadipaten.

H Iip Miftahul Paoz selaku Konsultan Pendamping Wilayah (KPW) 3 Provinsi Jawa Barat Bidang PID mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan aparat Desa dan kader Desa dapat memfasilitasi kegiatan pencegahan stunting di Desa.

“Pencegahan dan penanganan stunting menuntut adanya konvergensi pengelolaan kegiatan, program, dan layanan,”ucapnya

Menurutnya, Desa perlu mengambil peran besar, sekaligus membantu mengatasi pencegahan stunting. Untuk mewujudkan harapan tersebut, dipandang perlu dibentuk dan ditugaskan Kader Desa, yang kemudian disebut Kader Pembangunan Manusia (KPM) sebagai bagian dari tim Kader Pembangunan Masyarakat Desa (KPMD) yang mendapatkan tugas khusus.

Oleh karena itu, pelatihan sebagai salah satu bentuk peningkatan kapasitas memegang peranan penting dalam menyiapkan pelaku program, terutama Kader Desa baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap terkait pencegahan stunting.

“Dengan memiliki kapasitas tersebut pelaku diharapkan dapat mendorong kegiatan pencegahan stunting ke dalam perencanaan dan penganggaran di Desanya masing masing,” katanya.

Dirinya berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan agar benar-benar memahami stunting dan kegiatan pencegahan stunting di desa. Sehingga nantinya mampu menyusun rencana kegiatan pencegahan stunting.

“Pelatihan ini disusun untuk memenuhi kompetensi dasar Kader Desa. Agar semua peserta bisa dengan segera menindak lanjuti di Desanya masing-masing,” ujar H Iip Miftahul Faoz

Sementara itu Pendamping Desa Kecamatan Sukaresik Jajang Hilman menuturkan, sebagai salah satu panitia pelaksana kegiatan zona 7, stunting sedang menjadi trend topik Nasional dan menjadi program utama Pemerintah, dan menjadi tanggung jawab bersama hingga ke tingkat Desa supaya bisa mendeteksi sejak dini tumbuh kembang balita.tandasnya

“Saya berharap kedepanya tidak hanya sekedar membicarakan soal bagaimana masyarakat bisa hidup sehat dan bersih, namun bagaimana penanganan bayi dan balita agar pertumbuhannya sesuai dengan usia,”pungkasnya (Rizky/Ade)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *