Home / Sosial & Budaya / Selamatkan Petani Lokal, LAZ Al-Bunyan Borong 6 Ton Beras Petani di Bungursari
IMG-20200520-WA0077

Selamatkan Petani Lokal, LAZ Al-Bunyan Borong 6 Ton Beras Petani di Bungursari

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com-Menjaga stabilitas pangan di tengah pandemi yang berkepanjangan menjadi hal yang sangat penting untuk menghindari munculnya masalah baru yakni kelaparan dan gizi buruk.

Hal Ini disampaikan oleh Direktur Program Laz Albunya Tasikmalaya, Dirinya menyampaikan Sektor pertanian pedesaan menjadi ujung tombak dalam pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat kota dimana saat ini sudah banyak negara yang membatasi kegiatan ekspor komoditi tertentu termasuk bahan pokok.

“Memberdayakan petani lokal menjadi salah satu fokus kegiatan LAZ Al-Bunyan dalam rangka menjaga stabilitas pangan jangka panjang, khususnya untuk masyarakat perkotaan yang merasakan dampak ekonomi terbesar akibat wabah ini.” ungkapnya.

Lanjutnya, ditengah pandemi berkepanjangan, pihaknya berharap semua masyarakat tetap bisa sejahtera baik masyarakat desa dan kota, salah satunya dengan program memborong beras petani binaan yang kemudian kami distribusi kan ke masyarakat jabodetabek yang terdampak wabah ini.

“LAZ Al-Bunyan dengan bantuan dari para donatur berinisiatif membantu kesejahteraan para petani lokal dengan membina beberapa kelompok tani di Kota Tasikmalaya salah satunya di kecamatan Bungursari.” paparnya.

BACA JUGA   BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya Menyelenggarakan Buka Puasa Bersama Dengan Anak Yatim

Sementara itu, Uton (62) th,yang sudah merasakan dampak dari wabah ini terhadap penjualan beras hasil panennya.

“kalau menurut bapak sebagai petani, untuk pengolahan pertanian mah tetap berjalan seperti biasa, hanya pemasarannya yang sekarang lebih sulit. Jadi seringnya modal tidak kembali” keluh Uton selaku Ketua kelompok tani Sukamekar 1.

Begitupula yang dirasakan Ombah (59) yang memiliki 2 orang tanggungan dan baru saja ditinggalkan oleh sang suami merasakan sekali dampak dari wabah ini

” biasanya selain bertani, ibu jualan jajanan pasar, tapi semenjak wabah jajanannya sering tidak laku, jadi ibu berhenti saja” jelasnya.

LAZ Al-Bunyan bersama kelompok tani binaannya di desa Bungursari Tasikmalaya telah mengirimkan sebanyak 6 ton beras petani lokal ke Jabodetabek untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak covid-19, selain membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat kota, program ini juga menyelamatkan para petani lokal pra sejahtera di Kota Tasikmalaya dari kemiskinan.

Mari bersama menebarkan kebaikan kepada sesama melalui link menyatukankebaikan.com.(rls/ibye)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!