Home / Opini / Selamatkan Bumi Dengan Diet Sampah Plastik, Mulai Sekarang !
Selamatkan Bumi Dengan Diet Sampah Plastik, Mulai Sekarang

Selamatkan Bumi Dengan Diet Sampah Plastik, Mulai Sekarang !

Oleh : Amaliyah ( mahasiswi fakultas kesehatan masyarakat universitas sriwijaya )

Sampah merupakan suatu produk buangan yang berasal dari aktivitas manusia yang dapat mengakibatkan pencemaran dan kerusakan lingkungan baik secara fisik maupun biologis apabila tidak dikelola dengan baik.

Sedangkan plastik merupakan barang-barang sintetis berupa botol minum,alat makanan ( sendok,garpu,wadah,gelas ), kantong pembungkus/kresek, pipa pralon, mainan anak-anak, steropom dan lain sebagainya dimana susah untuk terurai dan butuh waktu yang lama untuk hancur.
Perlu anda ketahui !!!

Sampah Plastik sekarang menjadi salah satu permasalahan yang ada di indonesia dimana dari tahun ketahun penggunaan plastik semakin meningkat. Dengan meningkatnya sampah plastik yang ada sekarang dapat mengakibatkan permasalahan kesehatan dan lingkungan. Penggunaan plastik yang tidak sesuai persyaratan akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti : pemicu kanker dan kerusakan jaringan pada tubuh manusia dan menjadi permasalahan lingkungan dimana plastik sendiri dapat bertahan hingga bertahun-tahun untuk terurai sehingga menyebabkan penumpukan dan pencemaran terhadap lingkungan.

Menurut berita yang dilansir CNN Indonesia, Dirjen Pengelolaan sampah limbah dan B3 KLHK Tuti Hendrawati Menyebut total sampah diindonesia akan mencapai 68 juta Ton ditahun 2019. Sampah plastik sendiri akan mencapai 9,52 juta Ton atau sebanyak 14% dari total sampah yang ada.

Tentunya menjadi permasalahan bagi kita, sampah sebanyak itu menumpuk dan sukar untuk terurai. Dan perlu anda ketahui !
Apa saja sih dampak negatif sampah plastik bagi lingkungan ?

Tentunya banyak sekali dampak negatif dari sampah plastik tersebut diantara nya :
Plastik dapat terurai setidaknya tertimbun selama 200-400 tahun yang mencemari air tanah dan tanah sehingga tingkat kesuburannya menurun.

Plastik juga telah membunuh binatang-binatang laut karena memakan sampah plastik tersebut .

Pembuangan sampah plastik sembarangan disungai-sungai dapat mengakibatkan pendangkalan dan banjir, Sampah plastik yang dibakar akan membuat polusi udara. Karena ketika plastik dibakar bahan kimia yang menjadi racun akan menyebar keudara dan atsmosfer menjadi terkontaminasi.

Lalu apakah kondisi sudah parahnya sampah plastik ini jadi situasi yang membahayakan ?
Jawabannya, JELAS MEMBAHAYAKAN .

Karenanya, jangan buang sampah plastik sembarangan apalagi membuangnya ke sungai atau kelaut. Sebaiknya bawa sendiri tas saat ingin berbelanja atau gunakan plastik Bio- Degradable (yang bisa terurai), juga gunakan barang berbahan plastik yang aman ( BPA FREE ). Sadar bahaya plastik dan mulai melakukan pencegahan pencemaran dimulai dari diri sendiri dan mulailah dari sekarang untuk keselamatan bumi kita.

Penulis Amaliyah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Sriwijaya
Penulis Amaliyah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Sriwijaya

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *