Home / Ragam / Persiapan Memory Of Galunggung, Kini Lebih Libatkan Masyarakat
Memory Of Galunggung

Persiapan Memory Of Galunggung, Kini Lebih Libatkan Masyarakat

Kabupaten Tasikmalaya,tasikzone.com-Menjelangnya acara tahunan yaitu MOG (Memory Of Galunggung) persiapanpun mulai dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

Dikatakan kepada Kepala Desa Linggajati, Hidayat kepada tasikzone.com diruangkerjanya Jumat (21/06/2019).

“acara MOG saat ini lebih melibatkan ke unsur masyarakat karena selain agar lebih mandiri juga sebagai bentuk sabilulungan atau gotong royong yang sekarang mulai tersisihkan karena kemajuan jaman”ucapnya.

Lanjut Hidayat, Selain itu sebagai tuan rumah untuk acara MOG nanti sebagai aparatur pemerintah desa yang bekerjasama dengan Kelompok Penggerak Pariwisata sebagai panitia maka agar kegiatan berjalan sukses harus dipersiapkan sejak sekarang baik secara mental maupun finansial.

Ditempat yang sama kang Rizal sebagai penggiat pariwisata/ penggagas acara MOG dan sebagai Stering Committe (SC) menyatakan dengan diadakannya MOG sekarang yang berbasis masyarakat sangat berharap bisa lebih melestarikan budaya kearifan lokal.

Penggagas Memory Of Galunggung Kang Rizal Saat ditemui tasikzone.com
Penggagas Memory Of Galunggung Kang Rizal Saat ditemui tasikzone.com

“kedepan diharapkan bisa mandiri untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Karena MOG sekarang bukan berbicara tentang konteks destinasi wisata yang hanya ramai ramai saja tanpa ada sesuatu pelajaran sosial, tapi ingin lebih membentengi budaya kearifan lokal oleh budaya asing maka dengan tema MOG sekarang Selain Ngabatik (Ngaguar Budaya Tasik,red) yaitu Gandrung Mulasara agar lebih tereksplore dan lebih memiliki rasa memiliki dan memelihara akan budaya lokal”tutupnya.(Rizky)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *