Home / Pendidikan / Organisasi Mahasiswa Prodi Kewirausahaan UPI Lulus Pendanaan PHP2D 2021
IMG-20211011-WA0008

Organisasi Mahasiswa Prodi Kewirausahaan UPI Lulus Pendanaan PHP2D 2021

Tasikmalaya, tasikzone.com-Pada Bulan Maret Tahun 2020 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan mensosialisasikan kegiatan untuk memajukan desa melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Hal ini disampaikan oleh Tika Annisa Lestari Koeswandi S.S., MM. dengan didampingi Mira Nurfitriya S.Pd., MSc selaku Pembina kegiatan tersebut, senin (11/10/2021)

Lanjutnya, Program ini bermanfaat baik untuk memajukan desa dan implementasi kompetisi mahasiswa di masyarakat. Singkatnya PHP2D ini merupakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ataupun melalui Lembaga Eksekutif Mahasiswa.

“Salah satu organisasi mahasiswa yang lolos pendanaan program PHP2D ini adalah organisasi mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya tepatnya dari Program Studi Kewirausahaan yaitu ASSET UPI (Association Of Entrepreneurship Students Universitas Pendidikan Indonesia)” jelas Tika Annisa Lestari.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan Putera Wibawa mengatakan Pemberdayaan Wirausahawan Perempuan (Daya Puan Jaya) Melalui Pendekatan Community Based Education (CBE) di Desa Tarunajaya merupakan judul proposal yang diajukan Tim ASSET UPI. Tim ini beranggotakan 15 orang mahasiswa dan 2 dosen pembimbing.

“Program PHP2D ASSET UPI ini dilaksanakan di Desa Tarunajaya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya. Program ini berfokus pada pemberdayaan perempuan yang berada di Desa Tarunajaya melalui pendekatan Community Based Education (CBE). Potensi bisnis atau usaha pada Desa Tarunajaya yang cukup tinggi menjadi landasan kuat Tim ASSET UPI melakukan program di Desa Tarunajaya ” jelas Putera.

Kemudian, hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang memiliki UMKM bordir di Desa Tarunajaya, dimana menurut H Saepuloh selaku Kepala Desa Tarunajaya 90% masyarakat di Desa Tarunajaya berwirausaha bordir.

BACA JUGA   Akses Jalan Ke SD Negeri 2 Tugu Ditutup, Wakil Ketua DPRD Kota Tasik Terjun Langsung Carikan Solusi

“Dengan adanya potensi bisnis atau usaha yang cukup tinggi di Desa Tarunajaya, pemberdayaan perempuan dapat dilakukan dengan memanfaatkan potensi tersebut ” bebernya.

Adapun program ini bertujuan agar perempuan lebih berdaya guna menopang kehidupan keluarga dan masyarakat melalui 3 pendidikan dan pelatihan wirausaha yang dibentuk dalam sebuah komunitas wirausaha bordir.

“Pendidikan berbasis komunitas atau Community Based Education (CBE) diambil sebagai model pelaksanaan pemberdayaan perempuan Desa Tarunajaya. CBE merupakan pendidikan yang dirancang, dilaksanakan, dinilai, dikembangkan, dan dievaluasi oleh masyarakat, guna menjawab tantangan dan peluang yang ada dimasyarakat” kata Putera.

Kemudian, kegiatan ini ditujukan untuk wirausaha bordir yang melewati beberapa tahapan diantaranya sosialisasi, pemilihan peserta yang akan dibentuk menjadi komunitas wirausaha, pelaksanaan yang terdiri dari pelatihan dan mentoring, serta evaluasi. Selain bertujuan untuk memberdayakan perempuan yang ada di Desa Tarunajaya.

IMG-20211011-WA0007

“Pelatihan yang diberikan juga dapat membantu masyarakat untuk membangun dan mengembangkan usaha yang dimiliki oleh masyarakat, serta menambah wawasan mengenai kewirausahaan sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan yang dialami oleh pelaku usaha seperti permasalahan branding produk dan digitalisasi usaha” pungkasnya.

IMG-20211011-WA0009

Tim ASSET UPI Dibina langsung oleh Direktur UPI Kampus Tasikmalaya, Prof Dr H Nandang Rusmana M.Pd, Ketua Prodi Kewirausahaan Arief Budiman S.S., S.Sos., IMSMEs, Pembimbing Kemahasiswaan Tika Annisa Lestari Koeswandi S.S., MM., dan pembina PHP2D ASSET Mira Nurfitriya S.Pd., MSc.(ibye/rls)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!