Home / Opini / Menelisik Aturan Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega No 005 Tahun 2017
PhotoGrid_1638599462550

Menelisik Aturan Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega No 005 Tahun 2017

Oleh : Iqbal Nurdiana Purna Ketua DKR Cihideung 2013/2015

Dewan Kerja Ranting merupakan wadah wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan di tingkat Kwartir yang beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putri Putra hal ini dituangkan dalam Keputusan Kwarnas Nomor 005 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja Pramuka Penegak Pandega (PPDK)

Dalam PPDK tersebut dijelaskan Pramuka Penegak Pandega sebagai bagian integral
dari Kwartir artinya bisa disebut sebagai badan kelengkapankelengkapan Kwartir yang diberi wewenang dan kepercayaan untuk mengelola pembinaan dan kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sesuai prinsip “dari, oleh dan untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dengan bimbingan orang dewasa”. yang pengelolaannya bersifat kolektif dan kolegial.

Artinya Pramuka Penegak Pandega itu harus bisa mengelola organisasi Dewan Kerja dengan bimbingan orang dewasa dari mulai rekrutmen, pembagian sangga kerja, hingga pemilihan Ketua DKR itu dilaksanakan secara Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Puteri Putera (Musppanitera).

BACA JUGA   Apa Kabar Pemuda?

Sebagaimana dituangkan dalam PPDK No 5 Tahun 2017 poin 5 tentang pengertian huruf f yang membahas sangga kerja adalah kepanitiaan yang dibentuk dan dipimpin oleh Dewan Kerja atas persetujuan Kwartirnya yang beranggotakan Pramuka Penegak dan Pandega untuk melaksanakan sebuah kegiatan.

Artinya jika merujuk kepada aturan tersebut Dewan Kerja memiliki kewenangan secara penuh dalam mengelola organisasi Dewan Kerja secara Kolektif Kolegial.

Jadi bijaknya sebagai Kwartir Ranting memberikan keleluasaan kepada Pramuka Penegak dan Pandega agar secara utuh mengelola organisasi Dewan Kerja Ranting karena yang namanya usia penegak dan usia pandega sudah menginjak usia dewasa.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *