Home / Pendidikan / Membangun Karakter Mencintai Alam, Sekolah Alam Bukit Bintang
Membangun Karakter Mencintai Alam, Sekolah Alam Bukit Bintang

Membangun Karakter Mencintai Alam, Sekolah Alam Bukit Bintang

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com-Sebuah sekolah ditasikmalaya memilih menggunakan alam terbuka yang berada dihutan perkebunan sesekali mempergunakan benda yang berada disekeliling sekolah tersebut untuk metode pembelajaran.

Sekolah tersebut bernama Alam Bukit Bintang, sekolah tersebut berada ditengah perkebunan seluas 3 hektar dengan ruang belajar terbuat dari bambi berdinding anyaman.

Sekolah yang sudah berdiri pada tahun 2010 ini, mayoritas siswanya Anak Berkebutuhan Khusus namun setelah sekolah di Temoat tersebut. Anak Berkebutuhan khusus bisa kembali disekolah umum seperti biasa.

Euis Nurul Wulan kepada tasikzone.com mengatakan sekolah yang terletak di Leuweung gede kelurahan tamanjaya kecamatan tamansari kota tasikmalaya ini Merupakan sekolah yang melakukan pengindukan baik SD maupun SMP sehingga jika lulus yang dipakainya adalah ijazah sekolah induknya.

“murid disini tidak banyak ada 30 orang yang kelasnya dibagi sesuai kemampuan siswanya meski usianya berbeda dan sementara kurikulum yang digunakan pun kurikulum khusus yang memadukan antara belajar dan alam”ucapnya, Sabtu (22/06/2019)

Sementara itu menurut salah seorang guru, Ima Siti nurmaesaroh mengatakan dalam mengajarpun satu kelas paling banyak mengajar hingga 6 orang sehingga muridnya bisa lebih khusus diperhatikan dengan menggunakan metode pembelajaran di alam terbuka.

“sehingga bisa membangun karakter lebih mencintai alam dari mulai belajar berhitung menggunakan daun kering hingga bermain dirumput hijau”tuturnya

para lulusan sekolah alam tersebut ditargetkan bisa diterima disekolah umum lainnya seperti di SMP dan SMA sehingga mereka tidak lagi dibuli oleh rekan rekannya dan bisa menyesuaikan dengan lingkungan agar lebih bisa berkembang tanpa harus tersisihkan. ( Ade )

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!