Home / Pendidikan / KKN 174 UPI Kelurahan Mangkubumi Sampaikan Pemanfaatan Minyak Jelantah Jadi Lilin Aroma Terapi
IMG-20220811-WA0029

KKN 174 UPI Kelurahan Mangkubumi Sampaikan Pemanfaatan Minyak Jelantah Jadi Lilin Aroma Terapi

Artikel dan Foto, Oleh : Silvana Zahra
Mahasiswa PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya

Tasikzone.com – saya Silvana Zahra sebagai Wakil ketua kelompok 174_ 5 KKN Tematik UPI Tahun 2022. Adapun teman-teman kelompok saya diantaranya Iskandar Yusuf, Laras Megawati Yas Sunda, Dini Julianti. Kami berempat melakukan kegiatan Sosialisasi KKN di kelurahan Mangkubumi, Kota. Tasikmalaya.

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPI Tasikmalaya di Kelurahan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya gelar Sosialisasi Pemanfaatan Minyak Jelantah bagi kalangan ibu rumah tangga dan kader posyandu.

Dalam kegiatan tersebut tema yang di usung adalah Pentingnya Menjaga Sungai dari Pencemaran baik itu pencemaran air, udara ataupun tanah.

Pada kesempatan tersebut, dihadir Ketua RW 10 Pojok yang diwakili oleh Ibu Imas serta Kader posyandu yaitu Ibu Popon.

Ketua kelompok kegiatan KKN, Iskandar Yusuf menjelaskan dalam sambutannya, sosialisasi tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya penanggulangan pencemaran lingkungan di wilayah Pojok Kelurahan Mangkubumi.

“Tujuan sosialisasi hari ini sebagai upaya penanggulangan pencemaran lingkungan di Wilayah Pojok Kelurahan Mangkubumi”kata Iskandar

Apalagi kata Iskandar, jika dilihat di Wilayah Pojok ini ada sungai yang membentang luas. Selain itu Iskandar menjelaskan, apabila membuang limbah minyak jelantah pada sungai maka kehidupan yang ada di dalam air sungai akan terhambat proses fotosintesisnya.

BACA JUGA   Dana BSU Bikin Gelisah, Guru Madrasah Mengadu Ke DPRD Kota Tasik

Sebab sambung Iskandar, seperti yang kita ketahui bahwa air dan minyak tidak akan bisa menyatu yang menyebabkan terhalanginya sinar matahari kedalam lingkungan yang terdapat di dalam sungai.

Sementara itu, selaku Narasumber dalam acara tersebut, Silvana Zahra menilai kegiatan tersebut sangat kontekstual dengan kondisi yang ada di Wilayah Pojok Kelurahan Mangkubumi.

“Tentunya ini sangat berdampak pada Wilayah Pojok dalam upaya penanggulangan Pencemaran Lingkungan serta di harapkan akan adanya perubahan setelah sosialisasi ini berlangsung” ujarnya.

Selain itu, kata Silvana pembuatan lilin aroma terapi ini bisa menjadi peluang usaha untuk masyarakat dengan menjual hasil pemanfaatan tersebut pada marketplace online ataupun ada sebuah kedai yang memang dibuat khusus untuk penjualan lilin aroma terapi di Wilayah Pojok.

Antusias dan penerimaan masyarakat terhadap sosialisasi ini pun sangat baik bahkan masyarakat merasa adanya penambahan pengetahuan baru yang bisa dijadikan Inovasi untuk Wilayah Pojok Kelurahan Mangkubumi ini.

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *