Home / Pendidikan / FKDT Gelar Manasik Haji Se-Kota Tasikmalaya
IMG20190224121411

FKDT Gelar Manasik Haji Se-Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com –
Guna memberikan pengetahuan manasik Haji kepada murid Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Tasikmalaya melaksanakan peragaan Manasik Haji yang diselenggarakan di Balaikota, minggu(24/2/2019).

Pada Kesempatan itu, ketua FKDT Kota Tasikmalaya Ahmad Sapei menjelaskan kegiatan peragaan manasik haji ini merupakan agenda rutin FKDT Kota Tasik setiap tahun, kegiatan ini melibatkan seluruh stakeholder FKDT dari seluruh Kecamatan se-Kota Tasikmalaya.

“Peragaan manasik haji ini digelar untuk siswa kelas enam. Di akhir pembelajaran ada ujian, tulis dan praktek dan di ujian prakteknya ada manasik haji dan pada mata pelajaran fikih ada materi tentang haji, tentulah hal ini memerlukan praktek di lapangan” ungkapnya kepada awak media disela sela acara.

Sambung Ahmad, Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 10.355 santri dari sekitar 833 Lembaga DTA yang tersebar di 10 Kecamatan.

Ketua FKDT Kota Tasikmalaya Ahmad Sapei melakukan Pemantauan Selama Kegiatan Manasik Haji Berlangsung
Ketua FKDT Kota Tasikmalaya Ahmad Sapei melakukan Pemantauan Selama Kegiatan Manasik Haji Berlangsung
“Untuk menunjang dan memperlancar kegiatan peragaan manasik haji ini sekaligus menciptakan nuansa layaknya Ibadah Haji yang sesungguhnya pihak kami pun membangun pos-pos Ibadah Haji diantaranya Pos Wukuf, Pos Mina, Pos Muzdalifah, Pos Jumrah Ula, Jumrah Wustha, Jumrah Aqobah dan Pos Masjidil Haram dengan miniatur Ka’bah untuk melakukan beberapa rangkaian prosesi yang dilakukan saat menunaikan Ibadah Haji di tanah suci” paparnya.

Lanjut Ahmad, seperti pada tahun sebelumnya dalam peragaan manasik haji ini kami pun.melibatkan seluruh keluarga besar DTA untuk menjadi panitia, ada 10 orang yang ditugaskan sebagai Ketua Kloter, dimana mereka adalah para Koordinatot Kecamatan, 69 orang Ketua Rombongan.

” Untuk satu Ustad membimbing sebanyak 25 santri. Diharapkan dengan kegiatan ini selain siswa mendapatkan ilmu secara langsung, para siswa pun dapat saling bersilaturahmi,” pungkasnya.(ibye)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *