Home / Politik & Hukum / Ferdiansyah Anggota DPR RI Fraksi Golkar Adakan Sosialisasi Empat Pilar Kepada Generasi Milenial
IMG-20201017-WA0032

Ferdiansyah Anggota DPR RI Fraksi Golkar Adakan Sosialisasi Empat Pilar Kepada Generasi Milenial

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com-Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kabupaten Garut, Kabupaten/Kota Tasikmalaya Ferdiansyah SE MM menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang dilaksanakan di Aula PGRI Jatiwaras, Kecamatan Jatiwaras,senin (28/9/2020).pada kesempatan tersebut peserta didominasi oleh kalangan remaja, muda mudi atau kaum milenial.

Menurut Ferdiansyah, penyampaian empat pilar kebangsaan tentunya cukup berat jika disampaikan kepada kalangan remaja, pemuda ataupun mahasiswa jika disampaikan pasal demi pasal.

“Sengaja dibawakan kehadapan peserta agak berbeda, dalam penyampaian empat pilar kebangsaan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, lebih mudah terserap untuk kalangan millennial ini. Tidak bicara pasal demi pasal, tetapi lebih kepada pemahaman dan aplikasi yang bisa dilakukan dan dicontohkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Ferdiansyah.

lanjutnya Menjelaskan, penyelenggaraan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini bertujuan memberikan pemahaman nilai kebangsaan, khususnya terhadap generasi muda.

“Tidak mudah percaya dengan isu-isu sara, berita hoax dan paham-paham seperti radikalisme” ungkap Ferdiansyah

Berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila itu sendiri, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya bergotong royong, saling menyayangi antar sesama dan keluarga, sopan santun dan hormat kepada yang lebih tua.

“Kita yakini dan syukuri, banyak yang beragama Islam, masih banyak agama lain, perlu dikedepankan toleransi antar umat beragama. Demi menjaga keutuhan NKRI, semangat menjaga NKRI dalam konteks millenial,” papar Ferdiansyah yang juga menilai bahwa di Tasikmalaya tidak semua warga asli Tasik, tetapi ada suku-suku atau agama lain juga. Sehingga dalam konteks ini perlu pemahaman tentang toleransi antar umat beragama.

BACA JUGA   Pemilih Pemula Diyakini Akan Pilih Herdiat-Yana

Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari lainnya, kaum millenial bisa membiasakan untuk menggunakan bahasa-bahasa daerah. “Karena budaya nasional puncak nya itu ada di budaya daerah, penggunaan bahasa, kebiasaan tradisi di Tasikmalaya memang perlu dikedepankan,” ujarnya.

Salah satu peserta sosialisasi empat pilar kebangsaan Ilham, mengaku ilmu yang didapatkan dari Anggota DPR RI Ferdiansyah sangat relevan terhadap kehidupan sehari-hari yang dijalani.

“Berbicara empat pilar kebangsaan, saya kira sangat dibutuhkan untuk masyarakat khususnya di Tasikmalaya. Karena banyaknya tantangan yang harus dihadapi bangsa saat ini. Saya kira kalau dikuatkan dengan pemahaman-pemahaman kebangsaan yang kokoh, akan menjadi suatu nilai plus dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk sehari-hari dimasyarakat. Seperti paham radikalisme yang menyimpang, isu hoax sampai sara“ kata Ilham.

Diharapkan, setelah para peserta ikut sosialisasi empat pilar kebangsaan, Ferdiansyah sebagai anggota dewan selalu melakukan dekatan praktis yang sehari-hari terjadi di masyarakat. “Yang dikaitkan dengan Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika,” ungkap Ferdiansyah.(rian)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!