Home / Kab. Tasikmalaya / Diduga Proyek Siluman Milik Kelompok P3A Di Wilayah Kecamatan Padakembang
IMG-20220805-WA0054

Diduga Proyek Siluman Milik Kelompok P3A Di Wilayah Kecamatan Padakembang

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com –
Pekerjaan rehabilitasi irigasi milik kelompok P3A Mitra Air Cintapada Desa Cisaruni Kec. Padakembang diduga merupakan proyek siluman.

Pasalnya, di lokasi proyek tidak terlihat papan proyek yang menyatakan besaran dana anggaran yang dipakai, lama pekerjaan, juga asal dana anggaran yang dipakai dan disinyalir dikerjakan asal-asalan.

Proyek pemerintah yang tidak mencantumkan papan proyek dalam pembangunannya bukan hanya melanggar Undang – Undang keterbukaan informasi publik (KIP), tetapi juga bertentangan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No 54 tahun 2010 dan Perpres No 70 tahun 2012, tentang pengadaan barang/jasa pemerintah.

Ketua Kelompok P3A Mitra Air Cintapada H Oleh Abudin membenarkan dengan tidak adanya papan proyek karena dari instansi terkait tidak memberikannya.

Anehnya, Oleh Abudin Pun tidak mengetahui anggarannya berasal dari instansi mana, dirinya hanya menyebutkan anggaran dari provinsi saja dan menyuruh awak media mengkonfirmasi ke Dinas Provinsi.

“Anggaran mungkin ini dari pemerintah kemudian ini melalui provinsi. Adapun papan proyeknya memang sama saya diusulkan dan dipertanyakan. Pak ada tidak papan proyek nya ? Katanya ini tidak pakai, karena ini rehab,” Kata Oleh Abudin, saat dikonfirmasi dirumahnya, Jum’at (05/08/2022).

BACA JUGA   Penyaluran BLT-DD Desa Selawangi Tahun Anggaran 2021

“kucuran dana untuk pemanfaatan utamanya air itu biasa nya pakai (papan proyek), cuma ini mah tidak pakai. Untuk lebih jelasnya lebih baik media tanyakan saja kesana,” tambahnya.

Lanjutnya, ia juga bersikukuh dengan tidak tahunya anggaran tersebut digelontorkan dari instansi mana, dan tetap menyuruh kembali awak media mengkonfirmasi ke Dinas Provinsi.

“Bukan program P3A, nah ini kan nama nya rehaban yang dulunya dikerjakan oleh PU, kira-kira gitulah penjelasan dari saya. Pokoknya saya tidak bisa menjelaskan, pokoknya ini datang dari anggaran provinsi, lebih baik media datang ke provinsi. Sementara anggaran nya 150jt dengan volume ±185m panjang nya,” Pungkasnya

Wartawan mengkonfirmasi ke pihak Desa Cisaruni dan Kecamatan Padakembang, mereka juga tidak tahu apa-apa. Pasalnya tidak ada pemberitahuan sama sekali bahwa akan ada pelaksanaan rehabilitasi irigasi. (Den)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *