Home / Bisnis / BPJamsostek Tasikmalaya Salurkan Klaim JKK dan JKM di Kabupaten Ciamis
IMG-20210211-WA0014

BPJamsostek Tasikmalaya Salurkan Klaim JKK dan JKM di Kabupaten Ciamis

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com- Bantuan sosial berupa klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) diserahkan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya kepada 2 ahli waris korban meninggal dunia.

Kedua ahli waris tersebut adalah Aep Saepulah sebagai karyawan PT. Nyata Karya yang mendapatkan klaim sebesar Rp. 124 juta dan Dudin sebagai karyawan non ASN Dinas perhubungan kabupaten Ciamis yang mendapatkan klaim sebesar Rp. 112,2 Juta.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Barat, Dodo Suharto menyampaikan rasa bela sungkawa atas kejadian kecelakaan kerja tersebut. Selain itu, kedatangan pihaknya juga adalah
untuk menyampaikan hak almarhum sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, pihaknya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis yang telah mendukung tugas BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan pekerja di kabupaten Ciamis.

“Kami berharap santunan ini bisa membantu dalam mengurangi beban hidup keluarga almarhum. Sementara itu, musibah ini juga tentunya dapat dijadikan sebagai penggugah kesadaran bagi para pekerja maupun perusahaan yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Dodo seusai acara di Kantor Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, Selasa (9/2/2021).

Dirinya menghimbau untuk seluruh pekerja formal dan informal, pekerja sektor jasa kontruksi bisa terlindungi dengan program BPJS Ketenagakerjaan. Karena, diketahui juga bahwa dalam bekerja setiap hari akan bertemu dengan berbagai risiko, baik itu kecelakaan kematian atau suatu saat akan pensiun.

Selain memberikan santunan kepada ahli waris, Ikatan Istri Karyawan (IIK) BPJS Ketenagakerjaan juga turut memberikan sumbangan secara simbolis kepada masyarakat korban tanah bergerak Di Desa Talagasari Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis sebesar Rp 20 juta yang diberikan oleh ketua IIK BPJAMSOSTEK Jawa Barat Ira Listyosari dan diterima oleh Kepala Desa Talagasari Kusnadi.

IMG-20210211-WA0015
Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tasikmalaya, Seto Tjahjono mengatakan, Program JKK dan JKM BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya perlindungan apabila seandainya terjadi kecelakaan kerja atau peserta meninggal dunia selama masih dalam masa kerja.

“Tentu tidak ada yang menginginkan hal buruk terjadi, tapi setidaknya BPJS Ketenagakerjaan dapat meringankan beban tenaga kerja, keluarga dan ahli waris jika terjadi musibah seperti PHK, Kecelakaan Kerja, meninggal dunia dan memasuki usia pensiun,” jelasnya.
IMG-20210211-WA0013
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Agus Kurnia Kosasih SH, MS.i juga sangat mengapresiasi dan berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada BPJS Ketenagakerjaan atas perhatian serta komitmenya baik terhadap peserta BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri maupun masyarakat korban tanah bergerak di Desa Talagasari Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis.

“Kemudian juga kepada para ahli waris dari almarhum maupun masyarakat korban tanah bergerak, kami berharap santunan dan bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya ” pungkasnya.(ibye)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!