Home / Peristiwa / Viralnya Air Turun di Tebing Kawah Galunggung, Ini Kata BPBD
Viralnya Air Turun di Tebing Kawah Galunggung, Ini Kata BPBD

Viralnya Air Turun di Tebing Kawah Galunggung, Ini Kata BPBD

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com-Bpbd Kabupaten Tasikmalaya menanggapi beredarnya video yang memperlihatkan visual air turun dari tebing kawah galunggung,di kecamatan sukaratu, kamis(28/3/2019).

Dalam akun instagram BPBD Kabupaten Tasikmalaya menulis Pantauan cuaca terkini dari Kec. Sukaratu, Desa Linggajati, Kp Batubulu terpantau mendung. dan terlihat secara visual air turun dari tebing kawah galunggung, warga setempat sangat khawatir meminta petunjuk / arahan dengan fenomena tersebut.

Menindaklanjuti terkait video yg beredar dan fenomena di atas, kami mencoba konfirmasi dengan petugas POS PVMBG Galunggung Yudi mengatakan Memang betul ada air yang turun dari tebing barat daya, akan tetapi itu sudah lama, kemungkinan pengerusan dinding oleh aliran air dari kawah guntur yang berada di atas dinding.

” sebetulnya aliran air dari atas sana sudah berlangsung dari dulu, cuman saat ini debit air lebih besar dikarenakan musim hujan, Untuk kemungkinan berdampak ke pemukiman kecil, warga di himbau untuk tidak turun ke kawah karena potensi longsor cukup tinggi” ungkap yudi yang dirilis akun Instagram BPBD Kabupaten Tasik.

Sambung Yudi, Air yang mengalir itu tidak langsung masuk ke sungai cikunir dan cibanjaran tapi masuk ke area kawah Galunggung.

“Kemungkinan pihak BPSDA kemungkinan yang akan mengatur keluarnya debit air ke sungai cikunir apa bila debit air di danau melimpah.Kondisi kawah saat ini, air yang kluar dari atas masuk ke kawah Galunggung” pungkasnya.(Ibye)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *