Home / Peristiwa / Tadi Malam Tasik Diguncang Gempa Bumi, 4,8 SR
tadi-malam-tasik-diguncang-gempa-bumi-48-sr

Tadi Malam Tasik Diguncang Gempa Bumi, 4,8 SR

Tasikzone.com – Kota dan Kabupaten Tasikmalaya di gegerkan dengan “lini” yang terjadi pada Hari Kamis 15 Desember 2016 pukul 23.58.31 WIB. Setelah terjadinya gempa tersebut, seluruh warganet update status ingin mengetahui dimana gempa bumi tersebut seperti yang ditulis oleh akun facebook wildan tanjung nugraha, dirinya menulis “dimana cenah episentrum gempa tadi malam teh ? Berapa SR ?” Tulis wildan tanjung nugraha.

Updetan status wildan tanjung nugraha, langsung di komentari oleh akun yang benama kang harisman, dia menulis. gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Hasil analisa BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul  23.58.31 WIB  dengan kekuatan M=4.8 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.18 LS dan 107.90 BT pada kedalaman  22 Km.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di Kota Tasikmalaya dalam skala intensitas  II SIG BMKG (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang, Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menyusup ke bawah Lempeng Eurasia
Hasil monitoring BMKG hingga pukul 05.00 WIB belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat pesisir pantai selatan Tasikmalaya dihimbau agar tetap tenang, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.
Tangerang Selatan, 16 Desember 2016. Tulisan komentar kang harisman diakhiri dengan sumber dari SUTIYONO, S.Si Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Ciputat. (Ina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *