Home / Peristiwa / Semburan Air Panas Di Parung Ponteng Berbeda Dengan Lumpur Lapindo
PhotoGrid_1508854048594

Semburan Air Panas Di Parung Ponteng Berbeda Dengan Lumpur Lapindo

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com – Kepala Bidang Darurat Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya H Ria Supriatna menyatakan semburan air panas di Parung Ponteng berbeda jauh dengan lumpur Lapindo di Jawa Timur.

Menurutnya Lapindo mengebor tanah untuk minyak, sedangkan di Parung Ponteng untuk mencari air bersih.

“Mengebor untuk minyak bisa mencapai kilometer kedalamannya. Sedangkan ini baru 40 meter ¬†perbandingan itu saja jelas berbeda untuk aman tidaknya bukan kewenangan kami yang menyatakan,”ungkap Ria Kepada Tasikzone.com diruang kerjanya, Selasa (24/10/2017).

Lanjut Ria, pengeboran di Parung Ponteng itu sebenarnya sangat mulia. Yang diprakarsai oleh salah satu yayasan kemanusiaan, mereka ingin membuat sumber air bersih bagi masyarakat sekitar.

“Pengeboran ini pun bukan ke tanah bagian yang dalamnya. Masih terhitung permukaan. Namun, karena kawasan tersebut punya potensi sumber air panas maka jadinya seperti itu,” ujarnya.

Ia memprediksi dalam hitungan hari semburan tersebut perlahan mulai merendah dan air yang keluar bersih. Namun, jika air masih saja menyembur atau bahkan meninggi, maka tidak ada kata lain selain harus diteliti Badan Geologi.

“Kejadian tersebut merupakan reaksi alam. Kebetulan kawasan tersebut masih berkaitan dengan Gunung Galunggung. Sehingga, punya potensi mengeluarkan air panas,”tandasnya.(rian)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *