Home / Pendidikan / Prodi PGMI Dan PIAUD STAI Tasikmalaya Kunjungi UPI Tasik, Studi Banding Lab PGSD dan PAUD
Prodi PGMI Dan PIAUD STAI Kunjungi UPI Tasik, Studi Banding Lab PGSD dan PAUD

Prodi PGMI Dan PIAUD STAI Tasikmalaya Kunjungi UPI Tasik, Studi Banding Lab PGSD dan PAUD

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com-Prodi PGMI dan PIAUD Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tasikmalaya berkunjung ke Kampus UPI Tasikmalaya, Kamis (03/05/2018)

Kunjungan ini diikuti pimpinan STAI Tasikmalaya Waket I Bid. Akademik dan Kemahasiswaan, Waket 3 Bidang Tata Pamong dan Organisasi serta beberapa pimpinan Prodi PGMI dan Prodi PIAUD.

Wakil Ketua 1 Bidang Akademik dan kemahasiswaan Drs. Bekti B. Zaenuddin, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini yang pertama adalah dalam rangka silaturrahim, yang kedua dikarenakan secara historis, kemudian yang ketiga, sebagai ajang pembelajaran serta pengenalan terhadap laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya.

Dalam kesempatan itu pula Ketua prodi PGMI Rifyal Luthfi MR, menyampaikan bahwa tujuan dari Kunjungan kali ini ialah untuk melakukan studi banding terkait Laboratorium Pendidikian Guru Madrasah Ibtidaiyah di antaranya, Laboratorium IPA, Laboratorium IPS, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Microteaching, Laboratorium Matematika, Laboratorium Seni tari dan seni Rupa, Laboratorium Seni Musik. Hal ini dikarenakan salah satu universitas yang berada di kota Tasikmalaya terkait dengan pengembangan laboratorium yang sudah representatif adalah kampus UPI Tasikmalaya.

“Prodi PGMI tertarik menimba keilmuan terkait hal tersebut untuk menunjang keterampilan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Apabila Institusi STAI Tasikmalaya dapat menyediakan Fasilitas terkait Laboratorium dalam waktu dekat, maka akan membuat prodi PGMI Khususnya menjadi sarana pembelajaran yang representatif dan bermutu untuk calon guru-guru MI/SD.”beber Rifyal

Senada dengan hal tersebut Sekretaris Prodi PGMI STAI Tasikmalaya Leli Salimatul Hapsah, M.Pd. Menyampaikan bahwa “Alhamdulillah saya sangat bangga almamaternya sekarang menjadi percontohan bagi kampus kami (STAI.red) dalam hal laboratorium, Insyaallah dalam waktu dekat mudah mudahan lembaga kami bisa memfasilitasi terkait ruang dan peralatan laboratorium untuk kepentingan pembelajaran bagi mahasiswa Prodi PGMI.” Tandasnya.

Di tengah-tengah diskusi, pihak UPI Kampus Tasikmalaya yaitu Ketua Prodi PGSD Dindin Abdul Muiz, M.Pd. memaparkan bahwa sejatinya mereka telah memiliki sistem yang terorganisir terkait dengan pengembangan laboratorium secara administrasi dan pengelolaan beliau mengatakan bahwa laboratory dikelola oleh kepala Lab. yang kemudian tiap laboratorium dikelola oleh mahasiswa yang sudah diseleksi oleh kepala lab dan prodi. Artinya memberdayakan potensi mahasiswa yang bersemangat untuk mengembangkan lab.dengan cara mahasiswa tersebut dibina kembali dengan jalan membantu pekerjaan dosen yang sekiranya membuthkan riset atau terkait dengan laboratorium.

Setelah kurang lebih Sembilan puluh menit diskusi, akhirnya kami diajak observasi untuk melihat dan mencoba peralatan laboratorium UPI Tasikmalaya.

Studi banding Tersebut menghasilakan Tindak lanjut nantinya yaitu adanya MOU (memorandum of understanding) atau kerjasama dalam bidang tri darma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian. Khusus untuk PGSD dan PGMI STAI tasikmalaya akan diadakan KMD (kursus mahir dasar) Pramuka Bersama.(rian)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *