Home / Politik & Hukum / Penyandang Disabilitas Ikuti Sosialisasi Pilgub Jabar 2018
Penyandang Disabilitas Ikuti Sosialisasi Pilgub Jabar 2018

Penyandang Disabilitas Ikuti Sosialisasi Pilgub Jabar 2018

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya kembali melakukan sosialisasi penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018, kali ini giliran kelompok disabilitas menjadi peserta sosialisasi tersebut, Selasa (13/03/2018) di salah satu Rumah Makan yang ada di Jalan BKR Kota Tasikmalaya.

Komisioner KPU Kota Tasikmalaya Hotum Hotimah mengatakan tujuan diadakan sosialisasi tersebut, untuk mengenalkan dan menginformasikan tahapan Pilgub Jabar 2018 bagi penyandang disabilitas.

“Kami berikan pendidikan pemilih, pendidikan demokrasi dan bagaimana pentingnya kita berpemilu dan memilih pemimpin. Mereka juga punya kedaulatan, hak institusi dalam membantu partisipasi,”ungkapnya

Pada acara tersebut 50 orang penyandang tuna netra, tuna wicara, tuna rungu, tuna grahita mengikuti sosialisasi kali ini.

“Untuk penyandang tuna daksa belum dapat hadir dalam sosialisasi kali ini, bisa dihadirkan dilain waktu,” kata Hotum.

Lanjut Hotum, penyandang disabilitas mempunyai kepatuhan yang tinggi, terbebas pragmatisme. Untuk itu dibutuhkan pendamping yang benar-benar jujur dan adil. “Kami akan menyosialisasikan ke penyelenggara adhoc sampai tingkat bawah,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang pembimbing (pengisyarat) sosialisasi Pilgub Jabar dari SLB Yayasan Bahagia, Pipih Suparmi mengaku tidak ada kendala dalam menjelaskan tahapan Pilgub kepada penyandang disabilitas.

Pipih menemukan kesulitan dalam membimbing dan menginformasikan pasangan calon. “Nerangin calon aga sulit. Mungkin karena keterbatasan komunikasi. Kalau cara memilih mereka faham,”ungkapnya.(rian)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *