Home / Inspiratif / Pengabdian Bidan Desa, Dalam Mengurangi Resiko AKI dan AKB
PhotoGrid_1513179194846

Pengabdian Bidan Desa, Dalam Mengurangi Resiko AKI dan AKB

Kabupaten Tasikmalaya, tasikzone.com-Rika Rohmayati S.ST salah seorang bidan desa yang bertugas di polindes desa jayamukti kecamatan leuwisari  sudah mengabdikan dirinya selama 4 tahun, dia selalu sigap untuk melayani seperti ibu-ibu hamil, bayi dan balita.

“setiap bulannya mengadakan sosialisasi lewat pengajian dan lewat posyandu agar ibu-ibu hamil, bayi dan balita selalu sehat dan terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan”ungkapnya kepada tasikzone.com di ruang kerjanya rabu (13/12/2017).

Rika menambahkan kalau saat ini di kantor polindes sipatnya baru sosialisasi dan posyandu karena kalau untuk praktek belum memadai dikarenakan kantornya masih baru jadi sarana dan prasarananya belum menunjang untuk pemeriksaan. Dirinya selalu menyarankan agar ibu-ibu hamil untuk memeriksakan kandungannya kepada tenaga ahli tenaga medis yang sudah memadai sarana dan prasarananya untuk menghindari angka kematian bayi (AKB)dan angka kematian ibu (AKI) dan supaya ibu-ibu hamil selalu sehat dan jauh dari penyakit.

“alhamdulilah semenjak saya bertugas disini jadi bidan desa kasus angka kematian ibu (AKI) belum pernah ada, mudah-mudahan tidak ada, tetapi kalau angka kematian bayi (AKB) sudah ada karena itu merupakan standar”jelasnya

Terus himbauan untuk ibu-ibu hamil supaya sehat harus rutin di periksa ke posyandu. “diharapkan ibu-ibu hamil intens memeriksakan kandungannya setiap bulan agar terhindar dari penyakit dan memudahkan ketika nanti lagi proses persalinan,karena sekarang kasus pemdarahan untuk ibu-ibu hamil masih menjadi rengking pertama,maka dengan itu mohon kepada ibu-ibu yang sedang hamil untuk rajin memeriksakan kandungannya”tandasnya.(pih)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *