Home / Inspiratif / Panen Perdana Varietas Melon Hibrida Unggulan Mekarsari
Panen Perdana Varietas Melon Hibrida Unggulan Mekarsari

Panen Perdana Varietas Melon Hibrida Unggulan Mekarsari

Tasikzone.com – Ir. Hj. Siti Hutami Endang Adiningsih atau yg dikenal Ibu Mamiek Soeharto bersama Bapak Subiakto Tjakrawerdaya Ketua Yayasan Damandiri dan Bapak Bupati Kabupaten Cilacap melakukan panen perdana Melon hibrida Mekarsari SH1 dan SH2 di desa Madura, Kab Cilacap.

Pengembangan budidaya melon hasil rakitan tim pemulia Taman Buah Mekarsari yang dipimpin oleh Dr. Azis Natawijaya, M.Si. terlaksana berkat kerjasama Taman Buah Mekarsari bersama Yayasan Damandiri.

Program tersebut ditujukan sebagai upaya berkontribusi nyata membangun pertanian Indonesia dan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani desa melalui pemanfaatan teknologi-teknologi terbaru. Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kab Cilacap merupakan desa rintisan dan terdapat Koperasi binaan Yayasan Damandiri yang diarahkan untuk menjadi desa Agrowisata.

Subiakto Tjakrawerdaya, Ketua Yayasan Damandiri menyampaikan bahwa pengembangan penanaman melon di desa Madura merupakan upaya untuk memberdayakan masyarakat desa dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan produk inovasi yg sesua dgn kondisi lingkungan setempat. Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani diharapkan dapat melahirkan petani2 yg memiliki karakteristik tangguh, sejahtera dan mandiri.

Kegiatan budidaya melon di desa Madura didampingi sepenuhnya oleh Tim Peneliti Taman Buah Mekarsari. Ibu Ir. Siti Hutami Endang Adiningsih, Direktur Utama serta Owner Taman Buah Mekarsari mendorong agar inovasi2 yang dihasilkan oleh Peneliti Taman Buah Mekarsari dapat berkontribusi sebanyaknya untuk memakmurkan petani.

Ada 4 varietas melon yg dipanen perdana pada kesempatan tersebut yaitu melon Mekarsari varietas SH1, SH2, SH3, dan SH4. Ke 4 varietas tersebut yaitu memiliki pertumbuhan dan umur panen yg cepat, rasa sangat manis, dan cocok untuk konsumen zaman “now”. Petani yg terlibat dalam program pertama ini berjumlah 8 orang dan penanaman ini merupakan pengalaman pertama bertanam melon bagi mereka. 1 petani bertanam melon di lahan seluas 1500 m2 dan pada panen ini dengan luasan tersebut.dapat dipanen sekitar 2 ton buah melon yg dapat dipanen per petani.

Produktivitas melon Mekarsari yang tinggi tersebut memacu petani2 dari desa lain di kecamatan Wanareja tertarik untuk ikut mengembangkan dan membudidayakan melon unggulan Mekarsari tersebut. Taman Buah Mekarsari menyediakan benih2 melon Mekarsari. Diharapkan melalui Pengembangan Melon Mekarsari, dapat meneurkan Petani-petani yang lebih sejahter. Jayalah dan Kayalah Petani Indonesia. (Rls/pih)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *