Home / Peristiwa / Hoax Mengancam Keutuhan NKRI, Aktivis Lintas Generasi Jabar Gelar Forum Diskusi
Hoax Mengancam Keutuhan NKRI, Aktivis Lintas Generasi Jabar Gelar Forum Diskusi

Hoax Mengancam Keutuhan NKRI, Aktivis Lintas Generasi Jabar Gelar Forum Diskusi

Tasikzone.com-Forum Diskusi Aktivis Lintas Generasi Jawa Barat mengadakan Diskusi dengan thema Destruktif Hoak terhadap Eksistensi Bangsa dan NKRI, menampilkan nara sumber DR. Asep Ahmad Hidayat M.Si (Pimpinan Ponpes Darrusufi Tijani Kab.Garut/Dosen Paska Sarjana UIN Bandung) yang diikuti peserta sekitar 100 orang dari tokoh aktivis, mahasiswa, tokoh masyarakat dan tokoh ponpes. Selasa (20/03/2018) di Hotel Noni Dan Resto Cofee, Jalan Ahmad Yani Kota Majalengka.

Dengan Narasumber diantaranya DR Asep Ahmad Hidayat, M.Si, Ibu Tati (Jurnalis ) dan Drs. Dadang M.Si dari Dinas Kominpo Pemkab Majalengka.

ketua pelaksana forum diskusi, Indea Permana Putra, mengatakan Kegiatan Forum Diskusi ini merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan atas fenomena hoax yang yang terjadi sekarang ini, sebagai akibat dari kemajuan teknologi informasi di era digital.

“Hoax harus diantisipasi jangan sampai menjadi faktor yang memicu konflik sosial, mengancam keutuhan NKRI, Atas dasar keprihatinan diatas, kami menyelenggarakan forum diskusi grouf (FGD) ini sebagai ruang tukar pikiran, serring gagasan terkait persoalan hoax. Mudah mudahan dengan forum diskusi ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kita semua. Amien”ungkapnya

Pada kesempatan tersebut juga di bacakan Pembacaan Pernyataan Sikap dan Deklarasi Bersama Memerangi Hoax Merusak Tatanan Kehidupan Masyarakat Berbangsa dan Bernegara, dibacakan oleh DR.Asep Ahmad Hidayat M.Si, dengan berbunyi

Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman era digital, kemajuan teknologi informasi sehingga dengan cepatnya dinamika sosial politik yang terjadi dalam kehidupan sehari hari. Dengan kemajuan teknologi infornasi yang luar biasa jangan sampai berdampak buruk terhadap tatanan kehidupan sosial, budaya dan semua sektor kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

Salah satu problem yang dihadapi terkait dampak dari kemajuan era digital atau yang disebut zaman now adalah Fenomena Hoax, setiap peristiwa apapun cepat menyebar dengan tanpa terkendali keaslian beritanya atau objektivitasnya, kejadian apapun bisa berubah bertolak belakang dengan kejadian yang sebenarnya, sehingga bisa mengakibatkan masyarakat resah, terprovokasi oleh berita berita hoax yang berseliweran di media sosial. Hal ini akan menjadi pemicu terjadinya konflik horisontal di tingkat masyarakat, gara gara berita sepele bisa menjadi penyebab terjadi perkelahian, sesama warga masyarakat.

Dampak hoax selain akan.menjadi pemicu terjadinya konflik sosial juga akan mengancam stabilitas sosial politik bangsa dan NKRI, apabila kita berdiam diri tidak sesegera menyikapi dan memerangi hoax, pola.pola.propaganda berita bohong alias hoax akan dijadikan alat oleh kelompok kepentingan yang secara sengaja akan memperkeruh kehidupan berbangsa dan bernegara , karena tidak menutup kemungkinan dijadikan.alat atau pintu.masuk kekeuatan asing yang akan memperkeruh, mengadudomba antara sesama anak bangsa yang tujuan akhirnya untuk menguasai Indonesia, menguasai sumberday yang dimiliki Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Atas dasar pemikiran dan pertimbangan diatas, Kami atas nama Forum Dialog Aktivis Lintas Generasi Jawa Barat, menyampaikan sikap yaitu sbb :

1. Menolak keras dan meyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi Hoax, karena akan mengancam kehidupan sosial masyarakat yang sudah harmonis dan akan mengancan stabilitas kehidupan berbangsa dan keutuhan NKRI.

2. Untuk menghadapi perkembangan kemajuan zaman era digital, kemajuan teknologi informasi, kami mengajak untuk meningkatkan keimanan, kesadaran tauhid dan kesadaran kebangsaan. Sehingga dalam situasi gempuran apapun kita tetap bisa menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Kami mengajak marilah kita tidak henti hentinya untuk berdo’a pada Allah SWT, memohon perlindungan dan keselamatan untuk semua warga bangsa Indonesia, para pemimpin negeri agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam tatakelola negeri ini, sehingga bisa tercapainya tujuan negara mensejahterakan semua lapisan masyarakat Indonesia.

Demikian pernyatan dan deklarasi bersama kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk jita semua dan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *