Home / Pendidikan / HIMA PRODI PGMI STAI Tasik GelarLatihan Kepemimpinan Mahasiswa
IMG-20181129-WA0000

HIMA PRODI PGMI STAI Tasik GelarLatihan Kepemimpinan Mahasiswa

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com – Hima Prodi PGMI STAI Tasikmalaya Rabu (28/11/2018) bertempat di Aula STAI Tasikmalaya mengadakan acara “Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) 1” dengan Tema: Menggali potensi Mahasiswa PGMI untuk Membentuk kader kepemimpinan yang berkarakter dan berwawasan luas.

Acara tersebut dihadiri oleh ketua Prodi, sekretaris dan para Dosen PGMI sekaligus pemateri pada acara latihan kepemimpinan mahasiswa (LKM) beserta seluruh mahasiswa PGMI STAI Tasikmalaya. Dalam acara tersebut materi yang dibahas yakni mengenai: Kepemimpinan (leadership), Keagamaan (Spiritual), Managemen, Keorganisasian, Motivasi dan Tata Cara Persidangan. Acara tersebut diawali dengan pretest untuk para peserta LKM 1.

Ketua pelaksana Leni dalam sambutannya mengajak mahasiswa PGMI untuk ikut berpartisifasi dalam mensukseskan acara-acara yang dilaksanakan oleh HIMA PGMI STAI Tasikmalaya.

Sementara itu Ketua HIMA PGMI Erna juga dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan acara ini yang pertama adalah dalam rangka silaturrahmi, juga untuk meningkatkan kualitas eksistensi dan pembentukan karakter kepemimpinan mahasiswa PGMI.

Dalam kesempatan itu pula ketua prodi PGMI Rifyal Luthfi MR, M.Pd.I. selaku pemateri memaparkan bahwa kegiatan LKM selain memberikan bekal afektif dan psikomotorik juga memberikan kontribusi positif bagi perubahan paradigma berpikir, bersikap dan berkarya sehingga terbangun karakter kepemimpinan mahasiswa yang berpengetahuan luas (knowledge), terampil (skill) dan sikap (attitude). Materi yang disampaikan pula dilengkapi dengan konsep sistem nilai yang terimplementasikan dalam kegiatan tersebut, yakni nilai teologis, nilai fisiologis, nilai etis, nilai estetis, nilai filosofis dan nilai teleologis yang menjadi paradigma baru dalam pelatihan tersebut.

Jiwa kepemimpinan akan mempengaruhi kehidupan “Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawabannya atas kepemimpinannya” jiwa kepemimpinan selalu memegang prinsip memperbaiki diri secara terus menerus, dalam konsep islam disebut ziyadatulkhoir yakni konsep keberkahan, bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari besok harus lebih istimewa dari hari sekarang, Paparnya.

Senada dengan hal tersebut pemateri Wildan Mahmudin M.Pd menyampaikan bahwa seorang pemimpin harus memilki 3 sikap, yang pertama keyakinan yang ke dua bersyariat atau bersandar terhadap hukum dan yang terakhir konsisten. Apabila 3 aspek tersebut dimiliki oleh pemimpin maka pemimpin tersebut adalah pemimpin yang beragama dengan baik.
Ditengah-tengah acara, pemateri selanjutnya Suci Nurmatin M,Pd juga menyampaikan kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan atas managemen dan lebih dari itu akan menentukan keberhasilan sebuah organisasi, artinya manajemen organisasi kepemimpinan adalah sebuah konsep bagaimana organisasi itu bisa berjalan dengan bail dan progres.

Hal serupa di paparkan oleh pemateri selanjutnya juga sebagai Ketua PKA Taufiq Rohman M.Pd bahwa kepemimpinan dan Organisasi adalah dua hal yang tidak terpisahkan, organisasi melatih kepemimpinan dan kepemimpinan menjamin keberlangsungan organisasi.
Menjelang sore, Peserta LKM masih tetap antusias mendengarkan pemaparan serta motivasi yang disampaikan oleh sekretaris prodi PGMI Leli Salimatul Hafsah M.Pd. motivasi tidak hanya datang dari lingkungan sekitar baik kondiai atau situasi tetapi motivasi yang paling bisa mempengaruhi adalah motivasi daam diri. Tandasnya.

Materi Terakhir yakni Teknik persidangan yang disampaikan langsung oleh ketua Prodi PGMI STAI yang dilanjutkan dengan simulasi persidangan oleh peserta LKM 1.
Setelah materi selesai acara ditutup dengan postest kemudian doa, foto Bersama dan musofahah.(rian)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *