Home / Sosial & Budaya / G-ACIS Tumbuhkan Kepedulian dan Cinta Lingkungan
PhotoGrid_1530635403582

G-ACIS Tumbuhkan Kepedulian dan Cinta Lingkungan

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) jurusan pendidikan geografi, Universitas Siliwangi membentuk Gerakan Anak Cinta Sungai (G- ACIS) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Cikalang, Kota Tasikmalaya.

Zarkasi Muhamad sebagai inisiator G-ACIS mengatakan gerakan ini merupakan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Gerakan ACIS menjadi salah satu upaya edukasi dan meningkatkan cinta serta kepedulian terhadap lingkungan, terkhusus yang menjadi focus utamanya adalah kelestarian sungai.

“Latar belakang terbentuknya gerakan ini adalah kondisi lingkungan saat ini yang sudah mulai rusak, sungai-sungai tercemar oleh berbagai jenis sampah, ditambah dengan predikat baru yang melekat untuk Indonesia yang memiliki salah satu sungai terkotor . Hal itu memotivasi kami untuk memberikan edukasi dan kegiatan bersih- bersih sungai, agar sungai kembali menjadi indah, bersih serta menjadi cerminan keadaan suatu kota” pungkas Aisyah.

Gerakan Anak Cinta Sungai sudah beberapa kali melaksanakan kegiatan diantaranya edukasi mengenai pentingnya sungai kepada siswa-siswi SDN 02 Cikalang, pebersihan sungai cimulu dari limbah dan sampah, penanaman pohon di bantaran sungai dsb. Kepala Sekolah SDN 02 Cikalang Kota Tasikmalaya N Rd Erni Aryani, S.Pd., menuturkan Gerakan ACIS ini sangat baik. Terlebih jika melihat karakter anak muda saat ini, sangat sedikit yang memiliki kepedulian dan kesadaan terhadap lingkungan.

“Harapan kami setelah selesai di adakan program G-ACIS ini para kader-kader acis ini memiliki kepedulian dan cinta terhadap sungai, serta menjadikan sungai sebagai tempat bermain”. Ungkap Erni

(Kiriman Siti Nur Aisyah Hima Geo Unsil)IMG-20180703-WA0032

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *