Home / Kab. Tasikmalaya / Bupati Tasik Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas
Bupati Tasik Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas

Bupati Tasik Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas

Kabupaten Tasik, tasikzone.com – Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S. IP pimpin Upacara dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten Tasikmalaya tahun 2019, bertempat di Halaman Sekretariat Daerah Kab. Tasikmalaya, Kamis (02/05/2019).

Turut hadir pula Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Drs. Iin Aminudin, M. Si, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Tasikmalaya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tasikmalaya, Para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, dan tamu undangan lainnya.

Tema Hardiknas pada tahun ini adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Sesuai dengan pernyataan Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara, “Ing ngarso sung tulado, Ing madyo mangun karso, Tut wuri Handayani,” yang berarti Di depan memberi teladan, Di tengah memberi bimbingan, Di belakang memberi dorongan. Bupati Tasikmalaya mengutip dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan bahwasannya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 telah terjadi proses pembelajaran.

“Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian Pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Disini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah, tema Hardiknas tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya-sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan,” ujar Bupati.

“Peradaban dunia berkembang secepat deret ukur. Sementara dunia pendidikan bergerak seperti deret hitung. Hadirnya Revolusi 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku, dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat,” tuturnya.

“Melalui momentum Hardiknas ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan jaman yang semakin kompetitif,” ajaknya. (adv)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!