Home / Politik & Hukum / Awali Pengabdian Melalui RDPU, Kunspek dan Sosialisasi 4 Pilar Akhir 2019
Awali Pengabdian Melalui RDPU, Kunspek dan Sosialisasi 4 Pilar Akhir 2019

Awali Pengabdian Melalui RDPU, Kunspek dan Sosialisasi 4 Pilar Akhir 2019

Tasikzone.com-Muhammad Husein Fadlulloh anggota DPR-RI Fraksi Partai Gerindra memulai pengabdian menjadi wakil rakyat dengan melakukan serangkaian Rapat Umum Dengar Pendapat (RDPU), Kunjungan Spesifik (Kunspek) dan Sosialisasi 4 Pilar di penghujung tahun 2019.

M Husein yang merupakan anggota DPR-RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat XI mengatakan, tantangan awal dalam menjalani tugas sebagai wakil rakyat adalah bagaimana memberikan pemhamanan dan gambaran tugas anggota DPR-RI sehari-harinya.

“Mungkin banyak yang belum paham, pola dan jadwal anggota dewan dalam bekerja sehari-harinya. Secara global kita sering mendengar bahwa tugas dan fungsi dewan itu ada tiga. Secara detail, hampir setiap hari (Senin-Jumat) kita mengadakan rapat bersama dengan para mitra-mitra kita yang ada di komisi; sesuai dengan komisi nya masing-masing” Jelasnya.

M Husein mengambil Contoh anggota yang ditugaskan di komisi VI, bermitra diantaranya dengan kementrian BUMN, Perindustrian, Perdagangan, UMKM dan Koperasi.

“Selain dengan mitra, kami pun mengadakan rapat dengan para ahli dan juga masyarakat yang memberikan masukan tentang masalah-masalah yang berkaitain dengan komisi dimana anggota ditempatkan” Tambahnya

Selanjutnya ada yang namanya kunjungan spesifik/ biasa orang sering mendengar kunjungan kerja (kunker). Kunspek ini diatur dan diputuskan bersama oleh pimpinan-pimpinan yang ada di komisi, terkait isu-isu yang menjadinperhatian khusus.

Contohnya di awal masa pengabdian ini, telah dilakukan 4 kali kegiatan kunspek ke berbagai daerah untuk menjalankam fungsi pengawasan dengan meninjau langsung lokasi-lokasi yang berkaitan masalah yang dimaksudkan.

M. Husen melanjutkan kebetulan dirinya pribadi mendapatkan tugas melakukan kunspek diantaranya;

1. Kunspek bersama KCIC (kereta cepat Indonesia China), KAI, PTPN di Walini Jawa Barat

2. Kunspek bersama PT. Pertamina (BUMN) di Cilacap, Jawa Tengah
Kunspek bersama PT. Olympic di Kawasan Industri Sentul Selatan, Jawa Barat

3. Kunspek bersama PT. ASDP (BUMN) di Labuan Bajo, NTT

Tidak hanya tugas tadi yang dikerjakan selama pengabdian menjadi wakil rakyat, selain Kunspek, juga ada kewajiban untuk mensosialisasikan 4 PILAR sebagai program dari MPR. Dimana program itu dilaksanakan 1 tahun sekali.

“Nantinya juga akan ada masa reses dimana anggota melaksanakan reses kembali ke daerah pemilihan masing-masing untuk mendengarkan keluhan, masukan dan aspirasi dari masyarakat di daerah kami yang akan di bahas di komisi ataupun di Fraksi masing-masing Partai” Lanjut M Husein.

Sebagai penutup M Husein menyampaikan, dirinya ingin memberikan gambaran secara sedikit detail agar masyarakat mengetahui apa sebenernya tugas-tugas keseharian pekerjaan yang dilakukan oleh anggota DPR RI ataupun anggota dewan baik dari kota sampai Provinsi. Dan bersama-sama kita membangun daerah menjadi lebih baik.(rian)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!