Home / Politik & Hukum / Ahmad Zacky Siradj Gelar Seminar Menggali Pancasila dengan Majlis Ta’lim
Ahmad Zacky Siradj Gelar Seminar Menggali Pancasila dengan Majlis Talim

Ahmad Zacky Siradj Gelar Seminar Menggali Pancasila dengan Majlis Ta’lim

Kota Tasikmalaya, tasikzone.com-Drs. H. Ahmad Zacky Siradj sebagai anggota DPR RI dari Komisi III Fraksi Golkar Gelar Seminar menggali Pancasila bertempat di Aula Gedung Serbaguna Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, sabtu(12/1/2019).

Adapun para peserta yang mengikuti seminar tersebut adalah Ibu-ibu dari perwakilan Badan Koordinasi Majlis Ta’lim (BKMM)dan majlis Ta’lim se-Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya.

Pada kesempatan itu, Ketua BKMM kecamatan Cipedes Oong Siti Rohmah mengatakan ibu-ibu bisa memberikan tanggapan dan mendo’akan beliau.

“Alhamdulillah juga kita diberikan kesempatan bertemu dengan anggota DPR RI Ahmad Zacky baik berupa ilmu seminar tentang penyerapan aspirasi masyarakat menggali pancasila menghadirkan kenegarawanan, dan penyerapan aspirasi ini ibu-ibu semua bisa memberikan tanggapannya dan kita juga mendoakan semoga bapak amanah dan bisa menyalurkan dan menanggapi masukan aspirasi dari kita semua” ungkapnya dalam sambutannya.

Sementara itu, Hotum Hotimah selaku pembicara mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting bagi masyarakat, terutama ibu-ibu majlis ta’lim, supaya ada keseimbangan pengetahuan, antara pengetahuan keberagamaan dan pengetahuan berbangsa dan bernegara

“kegiatan seperti ini sangat penting, supaya ada keseimbangan antara pengetahuan keberagaman dan pengetahuan berbangsa dan bernegara” singkanya.

Ditempat yang sama, Drs. H. Ahmad Zacky Siradj mengatakan “ Membahas Pancasila kita tidak bisa lepas dari 3 titik Konsep Dasar, kalau di ibaratkan 3 Konsep dasar dalam memandang pancasila ini seperti segi tiga. Konsep pertama memandang Pancasila dari Konsep ke-Tuhanan dan Keberagamaan. Kedua, adalah Konsep Negara. Konsep pertama dan kedua ini berwujud pada Sila pertama dalam pancasila yaitu ; Ketuhanan yang maha Esa. Selanjutnya Konsep ke 3 yaitu Manusia dan Rakyat. Ketiga konsep inilah yang menajdi pondasi agar kita menjadi seorang negarawan dan taat akan hukum dinegara ini yang berasaskan Pancasila.

Dalam pertemuan tersebut, H. Ahmad Zacky Siradj juga mengatakan akan pentingnya kebersamaan, persatuan dan kesatuan, dalam nilai-nilai ajaran Islam menjaga kesatuan dan persatuan ini dianjurkan dalam bentuk nilai ajaran Silaturahmi.

“Bahwa dengan Silaturahmi kita akan diberikan umur yang panjang dan rejeki yang luas sebagaimana Sabda Rasululloh SAW, dengan Silaturahmi juga akan terjaga kerukunan, persaudaraan, dan persatuan. Dari silaturahmilah akan muncul rasa solidaritas, kebersamaan dan islam juga menganjurkan seperti itu sepeerti halnya nilai pancasila dalam sila ke tiga Persatuan Indonesia” katanya.

Sambung Ahmad Zacky, Negara Indonesia ini adalah negara yang besar dan beragam, yang berbeda beda adat dan suku, kalau tidak adanya persatuan yang dibangun diantara semua maka akan terjadi perpecahan dan tidak akan berdiri Negara ini.

” Negara indonesia adalah negara yang besar dan beragam adat isitiadat dan suku ,tentunya Kita sebagai suku sunda, ada adat sunda yang menjadi filosofi dalam membangun keharmonisan persatuan dan kesataun, dalam filosofi sunda dikenal dengan istilah silih asah, silih asih dan silih asuh. Oleh karna itu, mari kita rawat persatuan dan kesatuan bangsa yang beragam ini. merawat kebinekaan maka merawat Negara juga” pungkasnya.(Ibye)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *